Thursday, December 1, 2022
spot_img
HomeViralsPimpin Upacara Kemerdekaan RI ke 77, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton

Pimpin Upacara Kemerdekaan RI ke 77, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton

INAKINI.COM – Momen Upcaya Kemerdekaan RI ke 77 pada 17 Agustus 2022 mendapatkan beberapa instrumen menarik yang mana Presiden Jokowi mengenakan baju adat asal Buton Sulawesi Selatan.

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat bernama Dolomani yang mana dikenal sebagai baju adat Kesultanan Buton.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara, Ini baju Dolomani dari Buton,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 17 Agustus 2022.

Beberapa sumber yang telah kami rangkum bahwa Baju Dolomani ini menjadi satu pakaian kebesaran Sultan Buton yang biasa dikenakan pada saat menghadiri upacara-upacara Kesultanan Buton.

Sedangkan dari susunan Baju Adat ini terdiri dari sarung, celana panjang, hingga kopiah.

Pada saat dipakai Baju Adat Buton ini juga dilengkapi dengan kotango atau baju dalaman, sulepe atau ikat pinggang, ewangga disebut sebagai keris ataupun badik, dan katuko atau tongkat.

Baca Juga : 5 Deretan Bumbu Dapur Dipercaya Turunkan Kolesterol, Simak Fakta Lengkapnya

Secara teknisnya, warna dari Baju Adat Buton ini berwarna hitam, hanya saja dari momen peringatan Kemerdekaan RI ini baju yang dikenakan Presiden Jokowi memiliki warna merah.

Sed Jokwi sangkan dari makna dan arti baju yang dikenakan Presiden Jokowi sendiri adalah sebuah perjalanan seorang pemimpin yang mana dilambangkan motif bunga rongo, kemudian pemimpin digambarkan sebagai satu waktu untuk merintis dari rakyat biasa atau dari bawah kemudian naik menjadi pemimpin dan turun kembali jadi rakyat biasa.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments