Thursday, October 6, 2022
spot_img
HomeInternationalPresiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Resmi Mundur Usai Kabur Ke Singapura

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Resmi Mundur Usai Kabur Ke Singapura

INAKINI.COM – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa resmi menyatakan mundur dari jabatannya setelah parlemen menerima dan mengesahkan surat resign-nya pada Jumat (15/7).

Rajapaksa sendiri kini berada di Singapura setelah sempat kabur ke Maladewa.

Pengumuman Rajapaksa mundur dari posisi Presiden disampaikan Parlemen Sri Lanka usai menerima surat resmi.

Dipaksa oleh pemberontakan sipil atas keruntuhan ekonomi negara pulau itu, Rajapaksa yang berusia 73 tahun telah meninggalkan Sri Lanka sebelum fajar Rabu (13/7) untuk menghindari kemarahan publik atas ekonomi yang jatuh bebas.

Gotabaya Rajapaksa membuat negaranya gelisah bahkan saat dia dalam pelarian, pertama terbang ke Maladewa dan kemudian melewatkan tenggat waktu yang dinyatakannya sendiri untuk mengundurkan diri.

Ketua parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardana menerima surat pengunduran diri dari Presiden Rajapaksa yang dikirim langsung dari Singapura dan telah melalui verifikasi keaslian.

“Dari titik ini, kami akan bergerak untuk menunjuk presiden baru secara konstitusional,” kata Abeywardena seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, Rajapaksa telah mengatakan mundur kepada ketua parlemen Sri Lanka, Mahinda Abeywardana, ketika ia berada di negara pelarian di Maladewa menuju Singapura, Kamis (14/7) siang waktu setempat. Pernyataan itu disampaikan Abeywardana, seperti dikutip dari AFP.

Rajapaksa kemudian mengirim e-mail pernyataan mundur setelah ia tiba di Singapura.

“Sehubungan dengan dokumen resmi yang menandakan [pengunduran diri]. Saya diberitahu bahwa [surat pengunduran diri] akan saya terima hari ini [Kamis],” ujar Abeywardena dalam konferensi pers dikutip CNN.

Surat pernyataan mundur Rajapaksa kemudian diterima Parlemen sekaligus memastikan ia secara resmi tak lagi menjabat sebagai Presiden Sri Lanka.

Abeywardana tak menjabarkan lebih lanjut proses perguliran kepemimpinan di negara itu setelah Rajapaksa mundur.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments