Wednesday, May 15, 2024
spot_img
HomeTechnology5 Teknologi Bawah Air Canggih Efektif Mencari Objek Simak Faktanya

5 Teknologi Bawah Air Canggih Efektif Mencari Objek Simak Faktanya

INAKINI.COM – Semua fungsi teknologi bawah air telah terbukti mampu menghadirkan manfaat dalam menemukan berbagai objek.

Seiring perkembangan zaman, peralatan canggih teknologi bawah air telah memberi poin penting yang sekarang bisa dikembangkan dengan mencermati fungsinya.

Pada faktanya proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz, atau Eril anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menggunakan teknologi bawah air.

Mencari Eril di Sungai Aare, Swiss bukan perkara mudah, sehingga petugas setempat telah berupaya keras dalam menemukan Eril menggunakan teknologi bawah air.

Baca Juga : Tidak Hanya Jokowi, Ini Deretan Pejabat dan Tokoh yang Hadiri Balapan Formula E

Bila Anda penasaran seperti apa bentuk dan daftar teknologi untuk mencari Eril ataupun dalam konteks mencari objek di bawah air berikut daftarnya:

  • AquaEye (Handheld Sonar Device)

Peralatan satu ini telah dimanfaatkan untuk mencari banyak objek di bawah air. Bahkan AquaEye menggunakan sistem ultrasound.

Menariknya fitur ultrasound tersebut dikatakan efektif dalam memindai area sejauh 50 meter persegi di bawah permukaan air.

Durasi penggunaan AquaEye tersebut kurang lebih 5 menit, sehingga nantinya terdapat objek yang bisa ditemukan di bawah air.

Konsep dari AquaEye ini akan memberi notifikasi ke arah keberadaan korban sehingga dari setiap regu penyelamat dapat lebih cepat melakukan pertolongan.

Baca Juga : Diberi Surat Izin Dari PBB, Turki Resmi Ganti Nama Menjadi Turkiye

  • Multibeam Echo Sounder 150D

Berikutnya terdapat teknologi Multibeam Echo Sounder 150D yang mana sudah biasa digunakan pada kapal regu penyelamat.

Sistem Multibeam Echo Sounder tersebut mempunyai kemampuan dalam mengukur semua kedalaman air sampai 3.000 meter.

Tidak hanya itu, tingkat resolusi perangkat canggih ini bisa mencapai kedalaman lima meter. Sonar di perangkat canggih ini bisa menyapu tujuh kali kedalaman laut yang sudah diarungi.

Perangkat ini juga pernah digunakan untuk pencarian serpihan pesawat AirAsia QZ8501.

  • Marine Magnetometer Geometric

Salah satu perangkat canggih yang berguna sebagai pendeteksi logam berukuran besar. Fungsi lainnya teknologi Geometric juga dapat menganalisa inspeksi pipa ataupun kabel bawah laut.

  • Remotely Operated Vehicle (ROV)

 Kamera bawah laut seri Remotely Operated Vehicle atau ROV juga banyak digunakan untuk menjangkau tampilan bawah laut dengan objek logam ataupun dari bentuk lain.

Peralatan canggih ini sempat digunakan Basarnas sebagai upaya pencarian KRI Nangala 402 pada tahun 2021 lalu.

Tidak hanya dipakai untuk pencarian barang di bawah laut, ternyata ROV juga kerap dipakai untuk penelitian geologi bawah laut.

  • Autonomous Underwater Vehicles (AUV)

Bentuk teknologi AUV sampai sekarang menjadi kendaraan bawah laut Swakendara ataupun drone yang bisa terbang tanpa awak di bawah laut.

Peralatan canggih ini sayangnya tidak bisa terhubung ke kapan ataupun dikendalikan manusia. Sehingga AUV bisa dikatakan perangkat cerdas dengan navigasi program.

Teknologi AUV kerap dipakai skala militer untuk mendeteksi ranjau di area bawah laut. Hanya saja teknologi satu ini kerap dipakai mencari harta laut di bawah laut dan sebagainya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments