Thursday, May 16, 2024
spot_img
HomeInternationalPresiden Hadiri ASEAN - U.S. Special Summit Di Washington D.C.

Presiden Hadiri ASEAN – U.S. Special Summit Di Washington D.C.

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Selasa pagi, 10 Mei 2022.

Presiden Jokowi melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022 ke Amerika Serikat (AS) atau United States (U.S.).

“Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” ujar Presiden Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (10/5).

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Presiden akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN – AS atau ASEAN – U.S Special Summit (AUSS) selama dua hari (12 – 13 Mei 2022).

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Presiden adalah Pertemuan dengan anggota Kongres; Pertemuan dengan para CEOs besar Amerika; dan Pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan Pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN – AS periode 2021-2024.

Indonesia berharap, KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. Jokowi juga menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

ASEAN – U.S Special Summit atau KTT Khusus ASEAN-AS dimulai pada Kamis (12/5) waktu setempat (WS).

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Acara jamuan tersebut digelar di Gedung Putih, Washington DC.

Dari Hotel Ritz-Carlton, Presiden Jokowi berangkat menuju Gedung Putih dan tiba sekitar pukul 17.20 WS. Presiden Jokowi langsung disambut oleh Presiden Biden lalu kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional. Presiden Jokowi kemudian menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Dalam jamuan santap malam tersebut, Presiden Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden.

Dalam statement pengantar toast, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 20.00 WS, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments