Tuesday, April 30, 2024
spot_img
HomeAutomotiveAgar Tak Boros Dana BBM, Begini Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mudik...

Agar Tak Boros Dana BBM, Begini Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mudik Lebaran

INAKINI.COM – Banyak kendala yang terjadi saat perjalanan mudik Lebaran salah satunya penggunaan bahan bakar yang harus diperhitungkan.

Beberapa testimoni para pemudik saat perjalanan jauh kerap kehabisan bensin dan masih sulit membeli karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Dari sini terlihat bahwa masyarakat telah menyadari bahwa perjalanan mudik Lebaran butuh persiapan hingga nantinya durasi untuk perjalanan mudik bersama keluarga tetap lancar tanpa ada kendala dalam konsumsi BBM.

Masalah dari konsumsi bahan bakar saat mudik Lebaran masih bisa diatasi dengan beberapa tips hemat. Sehingga dikutip dari halaman Astraworld pada Sabtu (30/4/2022) terdapat beberapa cara untuk bisa menghemat biaya bahan bakar saat melakukan perjalanan mudik Lebaran seperti informasi berikut ini.

Baca Juga : Untuk Memperlancar Distribusi BBM, Ini Saran dari Para Pengamat

  • Untuk Anda yang memakai mobil matic sebaiknya tidak memakai mode D ketika mengalami kondisi macet di perjalanan. Sebab dari posisi mode D ini membuat pedal rem secara otomatis kondisi mobil tertahan hingga membuat konsumsi bensin menjadi boros.
  • Ada baiknya pengendara bisa memakai mode N ataupun Netral ketika kondisi mobil benar-benar tidak dapat bergerak ataupun berhenti. Posisi ini tidak memberi beban ke mesin mobil dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.
  • Secara tidak langsung cara hemat bahan bakar pada mudik Lebaran sebaiknya hindari menginjak gas terlalu dalam untuk berhenti dan melakukan peralihan ke posisi jalan. Saat Anda menekan pedal akan ada buangan bahan bakar lebih banyak sehingga perlu berhati-hati agar tidak boros.
  • Penggunaan AC dengan suhu cukup menjadi pilihan tepat karena kinerja dari kompresor AC bisa memberi pengaruh terhadap penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros.
  • Jika Anda memakai mobil dengan fitur eco mode sebaiknya gunakan fitur eco mode tersebut karena dapat membantu penghematan bahan bakar. Fitur tersebut juga dapat mencegah mobil kehabisan bensin di tengah jalan hingga memaksimalkan jarak dari sisa bensin yang masih tersedia.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments