Sunday, May 5, 2024
spot_img
HomeNewsPastikan Hari Raya Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Pastikan Hari Raya Idul Fitri, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

INAKINI.COM – Memastikan 1 Syawal 1443 Hijriah ataupun hari Idul Fitri terbilang penting dan kali ini Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat pada Minggu (1/5/2022).

Dilansir dari pernyataan Direktur Urusan Agama dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenang, Adib juga mengatakan bagaimana dari beberapa pihak termasuk organisasi kemaysarakatan Islam dan duta besar negara sahabat untuk bisa mengikuti sidang isbat awal Syawal 1443 H yang akan digelar pada 1 Mei 2022.

Adib juga menambahkan beberapa pihak seperti Komisi VII DPR RI hingga sejumlah inversitas dan juga akademisi, sampai pimpinan pondok pesantren sampai para pakar dan ahli falak juga diperhitungkan bisa mengikuti sidang isbat tersebut.

Baca Juga : 3 Poin Penting Dalam Trend Thrifting Baju, Berikut Penjelasannya

Metode luring proses sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenang RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Penyelenggaraan secara luring tersebut dirasakan lebih mudah dengan mengandalkan aplikasi Zoom.

Pelaksanaan sidang isbat tersebut akan diawali dari sisi penjelasan posisi hilal yang dilakukan oleh TIm Unifikasi Kalender Hijriah Kemenang yang akan diadakan pada pukul 17.00 WIB nanti.

Acara nantinya dilanjutkan adanya informasi bagaimana hasil dari rukyatul hilal yang digelar di sebanyak 99 titik seluruh daerah Indonesia.

Baca Juga : Kabar Baik! Produksi Jagung Nasional Terus Berkembang Diharapkkan bisa Tekan Impor

Pertimbangan awal Syawal 1443 H masih mempertimbangkan hasil hisab dan juga hasil rukyat sampai akhirnya memasukkan beberapa poin bagi peserta sidang. Adanya sidang isbat akan dimulai pada pukul 18.00WIB yang diawali dengan sholat Maghrib.

Untuk pengumuman hasil sidang isbat rencananya akan dilakukan kurang lebih pukul 19.15 WIB. Kemungkinan bisa dari beberapa potensi untuk jatuhnya tanggal Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 2 Mei 2022 baik dari Pemerintah ataupun Muhammadiyah. Hal tersebut posisi dari hilal di Indonesia sendiri saat sidang isbat tepat sore hari bisa dilihat.

Baca Juga : Sering Mengikuti Pameran Produk Ekspor, Ternyata Ini Manfaatnya Bagi Eksportir

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments