Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeTechnologySering Diserang Ngantuk Saat Mengemudi Karena Berpuasa? Ini Trik Jitu Mengatasinya

Sering Diserang Ngantuk Saat Mengemudi Karena Berpuasa? Ini Trik Jitu Mengatasinya

INAKINI.COM – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan pastinya memiliki banyak cara untuk bisa tetap sehat.

Namun, saat ini dari sisi berkendara setiap hari saat berpuasa perlu ada beberapa trik khusus agar terhindar dari mengantuk.

Rasa kanktuk kerap terjadi dan sering dialami saat berkendara jarak jauh, sehingga kondisi tersebut bisa memberi pengaruh terhadap jam biologis dan pengaruhi metabolisme tubuh.

Beberapa perhitungan dari durasi untuk berkendara jarak jauh mampu memberi pengalaman penting hingga akhirnya diperhitungkan dari durasi jam krusial berkendara.

Baca Juga : Polisi Ungkap Kasus Oplosan Tabung Gas LPJ Subsidi Beromzet 175 Juta Per Bulan

Terdapat pengalaman berkendara dengan durasi dari jam 1 sampai 4 sore yang perlu diperhitungkan. Dari sinilah ada kondisi perut merasa lapar sehingga kekurangan cairan tubuh membuat banyak kendala dalam berkendara seperti mengantuk bisa terjadi.

Diolansir dari pernyataan Cahaya Fitri Tantriani sebagai Customer Decelopment and Marketing Communication Head Auto 2000 pada Kamis (17/4/2022) menjelaskan bahwa ada beberapa cara terhindar dari rasa kantuk saat mengemudi di jalan raya seperti berikut ini.

Selalu Disiplin Dalam Mengatur Jam Tidur

Dapat diperhtiungkan dari jam tidur yang harus bisa Anda atur hingga akhirnya pembuatan jadwal tidur di malam hari dan konsistensi menjalaninya adalah kunci untuk terhindar dari rasa kantuk saat berkendara.

Memenuhi kebutuhan tidur harian adalah kunci penting sehingga ada jam tertentu yang seharusnya Anda cermati. Pada siang hari usahakan untuk bisa memperkuat jam biologis dengan menghindari cahaya dari layar gadget ataupun televisi sebelum tidur malam agar tidak merasa kelelahan.

Baca Juga : Hati-Hati! Jangan Sering Berbuka Puasa Dengan Menu Santan, Ini Akibatnya

Menjaga Pola Makan

Berikutnya ada poin penting dimana Anda perlu menjaga pola makan yang mana bisa diakses dari menjaga diet seimbang sehingga bisa membuat kondisi tubuh tetap stabil dan berkualitas.

Merasa tidak kekenyangan saat mau tidur malam menjadi opsi utama untuk bisa menjalankan makanan sahur, bahkan harus ada selisih waktu sangat singkat.

Kemudian jangan terlalu kenyang saat sahur sehingga memberi efek lebih banyak mengantuk, kemudian kendalikan nafsu makan saat berbuka puasa mengingat masih harus menyetir mobil.

Tidurlah Sejenak

Perhatikan dari jam tidur dengan memanfaatkan teknik power snap. Istilah power snap ini terjadi dengan kondisi tidur singkat kurang lebih 20 sampai 30 menit untuk bisa mengistirahatkan tubuh agar tetap segar.

Mengatur irama saat bekerja di siang hari adalah kunci penting untuk bisa memulai kegiatan di momen berpuasa sehingga tidak memberi efek tubuh cepat lelah.

Jangan Memaksakan Mengemudi Saat Mengantuk

Bisa dikatakan saat serangan kantuk masih sulit dihindari saat berkendara tetapkan waktu khusus untuk beristirahat. Jangan paksakan Anda mengemudi saat mengantuk. Bahkan ada kondisi microsleep yang mana bisa tertidur hanya dalam waktu 2 detik saja.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments