Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeNewsBMKG Support 100% Mitigasi Bencana di Pembangunan IKN

BMKG Support 100% Mitigasi Bencana di Pembangunan IKN

INAKINI.COM – Proses pembangunan IKN akan segera dilakukan dan dari pihak Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Driwkorita Karnawati telah memberi penegasan dimana lembaga yang dipimpinnya telah siap 100% untuk mendukung proses dari persiapan sampai pembangunan hingga pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Walaupun BMKG sendiri termasuk daftar lembaga yang tidak ikut dipindahkan ke IKN di Kalimantan Timur, tetap saja ada bantuan penuh siap diberikan oleh BMKG.

Dilansir dari pernyataan Dwikorita dari keterangan yang diterima pada Rabu (20/4/2022) yang mana BMKG sendiri telah siap untuk bisa membantu dan gotong royong bersama Otorita Ibu Kota Nusantara dengan tujuan membangun IKN. BMKG sendiri memiliki fungsi sebagai pemberi informasi data dan informasi di seitap pembangunan infrastruktur di IKN. Disamping itu ada proses mitigasi potensi bencana alam hingga berbagai macam kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan meteoroli dan klimatologi hingga geofisika.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Trunojoyo, Diharapkan Bisa Layani Kebutuhan Transportasi di Madura

Dwikorita sendiri telah memberi pemaparan dimana Kalimantan telah dikenal sebagai pulau dengan karakter kegempaan relatif kecil dibanding lainnya dapat dipantau secara maksimal.

Kalimantan tidak berada di lokasi Zona Megathrust ataupun zona dimana terjadinya tumbukan lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Sehingga saat terjadi gempa Pulau Kalimantan tidak terlalu banyak terkena dampaknya.

BMKG sendiri telah mempersiapkan sistem peringatan dini gempa bumi di Pulau Kalimantan hingga menambahkan sensor accelerograph dan juga intensity meter.

BMKG sendiri juga menambahkan akan melakukan pengawalan dari visi Presiden Joko Widodo untuk bisa menjadikan IKN ini sebagai kota inklusif sebagai kota hijau dan kota cerdas sampai kota berkelanjutan. Ada kaitan erat mengenai isu perubahan iklim dan inilah menjadi bukti komitmen dari Indonesia dalam menangani perubahan iklim.

Baca Juga : H-13 Idul Fitri, Mendag Senang Harga Bahan Pokok Cenderung Stabil, Bagaimana Faktanya?

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments