Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeBUMNLRT Jabodebek Ditargetkan Soft Launching Pada 17 Agustus 2022

LRT Jabodebek Ditargetkan Soft Launching Pada 17 Agustus 2022

INAKINI.COM – Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek Light Rail Transit (LRT/Kereta Ringan) Jabodebek, pada Jumat (1/4). Ditargetkan, soft launching LRT Jabodebek akan dilakukan berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022.

Dalam tinjauannya, Menko Marves dan Menhub menjajal langsung automation mode/driverless LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Cibubur menuju Stasiun TMII dan berakhir di Depo Stasiun LRT Bekasi Timur.

Menko Luhut mengungkapkan, progres pembangunan LRT berjalan lancar baik dari sisi finansial, teknologi, dan konstruksi. “Semua progres LRT berjalan dengan baik dan pada 17 Agustus 2022 akan kita lakukan soft launching,” kata Menko Luhut.

Menko Luhut mengungkapkan, LRT Jabodebek juga nantinya akan terintegrasi dengan moda lainnya, seperti: kereta cepat Jakarta-Bandung, angkot, transjakarta, dan moda lainnya. “Kita targetkan LRT sudah beroperasi penuh pada September 2022,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengatakan, aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam pembangunan transportasi massal. Ia berpesan, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan proyek LRT Jabodebek memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan.

“Kami memastikan serangkaian pengujian telah dilakukan sebelum dilakukannya soft launcing pada 17 Agustus 2022 nanti sebagai hadiah kemerdekaan. Ini merupakan sebuah karya anak bangsa yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa,” ucap Menhub.

Pembangunan LRT Jabodebek Tahap 1 terdiri dari 3 (tiga) lintas pelayanan yaitu: lintas Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas, dan Cawang – Bekasi Timur, dengan total panjang jalur sepanjang 44,43 Km yang melintasi 18 stasiun.

Per 25 Maret 2022, progres pembangunan tahap 1 LRT Jabodebek telah mencapai 90,2 persen, dengan rincian: Lintasan Cawang-Cibubur (94,6 persen), lintasan Cawang-Dukuh Atas 89,6 persen, dan lintasan Cawang-Bekasi Timur (87,6 persen).

Turut hadir dalam tinjauan, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, dan sejumlah perwakilan dari PT KAI, PT Adhi Karya, PT INKA, dan PT LEN.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments