Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeParenting4 Faktor Utama Kenapa Anak Terlihat Kurus

4 Faktor Utama Kenapa Anak Terlihat Kurus

INAKINI.COM – Banyak kondisi anak-anak memperlihatkan berat badannya yang cenderung kurus dan kurang ideal. Namun, dari kondisi anak terlihat kurus tidak memberi tanda-tanda adanya masalah seperti terganggunya metabolisme dan juga kekurangan nutrisi.

Namun, ada beberapa perhitungan dari indeks massa tubuh dimana anak-anak juga masih rentan mengalami satu kondisi kurang nutrisi.

Sehingga ada beberapa faktor kenapa anak masih terlihat kurus seperti yang kami rangkum dari halaman Sehatq.com pada (5/4/2022) seperti berikut ini.

Baca Juga : 5 Cara Jaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Bersama Anak Di Bulan Puasa

  1. Mengalami Kekurangan Nutrisi

Bisa diperhitungkan bahwa dari kekurangan nutrisi ini sering terjadi karena beberapa faktor. Sehingga penyebab umum kenapa anak kurus adalah kekurangan nutrisi dan pastinya perlu adanya tambahan nutrisi untuk bisa mencukupi.

Beberapa penyebab dari kekurangan nutrisi ini adalah faktor makanan yang tidak diperhitungkan dari segi nutrisinya, ataupun terjadi gangguan dalam metabolisme tubuh anak.

  • Terjadi Masalah Penyakit Tertentu

Dapat dikatakan kondisi anak yang terlihat kurus juga terjadi karena masalah penyakit tertentu. Dari hal ini terlihat pada sistem pencernaan kemungkinan besar terjadi masalah. Selain itu adanya penyakit hati kronis, kemudian penyakit celiac yang dapat memicu sulitnya bertambah berat badan.

Faktor penyakit yang membuat anak terlihat kurus perlu konsultasi dokter ataupun ahli gizi. Sehingga ada solusi untuk bisa membuat tubuh anak bertambah berat badannya.

  • Adanya Aktivitas Berlebihan

Berikutnya aktivitas berlebihan juga harus diperhitungkan karena bisa memberi penurunan berat badan. Asupan nutrisi anak kemungkinan besar akan habis terbuang karena aktivitas anak-anak yang bisa dikatakan terlalu aktif. Maka dari itu ada poin dimana berat badan menjadi rendah karena aktivitas fisik bisa membakar lemak dan juga beberapa asupan nutrisi makanan.

  • Adanya Masalah Alergi Makanan

Kemungkian besar dari terjadinya perubahan kondisi tubuh anak menjadi terlihat lebih kurus karena masalah alergi makanan. Dalam hal ini anak-anak bisa kekurangan kalori, sehingga dari kondisi alergi makanan ini membuat resiko kekurangan nutrisi semakin tinggi hingga membuatnya terlihat lebih kurus.

Untuk mengatasi alergi makanan ini perlu adanya pendampingan dan konsultasi bersama dokter dan ahli gizi agar menemukan seperti apa solusi terbaiknya.

Lihat Juga : Kasus Binomo, Polisi Tetapkan Tersangka Baru Guru Indra Kenz

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments