Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeAutomotiveCara Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi Mobil

Cara Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi Mobil

INAKINI.COM – Cukup banyak masalah dan gangguan ketika berkendara. Bahkan ketika mengendarai mobil perlu mencermati seperti apa poin tepat dari menghindari kantuk karena memberi dampak buruk.

Banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi tidak memperhitungkan aspek kesehatan dan juga konsentrasi. Maka dari itu sejak awal human error ini menjadi penyebab kecelakaan cukup tinggi tidak hanya di Indonesia tetapi juga terjadi di negara lainnya.

Menjaga konsentrasi berkendara memang tidka mudah. Karena rasa kantuk ini paling banyak terjadi dan menyumbang faktor kecelakaan lebih tinggi dari faktor lainnya. Menjaga kewaspadaan berkendara seharusnya bisa dikontrol dan akhirnya mendatangkan tingkat kewaspadaan lebih tinggi agar tidak hilang kontrol.

Baca Juga : Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender GT World Challenge Asia 2022

Beberapa poin dalam menjaga konsentrasi saat berkendara perlu mencermati beberapa poin penting seperti berikut ini.

Cara Atasi Kantuk Saat Mengemudi Mobil

Sampai saat ini masih terdapat beberapa masalah yang sementara ini diperhitungkan dan akhirnya menjaga seperti apa poin tepat untuk bisa melihat bagaimana tahapan penting untuk mengemudi mobil dengan fokus tinggi.

Berikut ini ada cara tepat untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi mobil seperti berikut ini.

  1. Memenuhi Waktu Kebutuhan Istirahat

Secara tidak langsung Anda bisa menghindari begadang menjelang mengemudi di pagi hari. Berkurangnya waktu istirahat di malam hari masih berdamapk pada stamina Anda di hari esoknya. Perlu adanya pengaturan jam tidur agar tidak memberi dampak buruk pada kesehatan dan stamina tubuh.

Faktor kecelakaan paling sering terjadi adalah keterbatasan jam tidur sehingga berdampak pada stamina kurang fit hingga mengalami masalah pada jam berkendara tidak lama.

  • Minum Kopi

Berikutnya ada cara tepat untuk menghindari rasa kantuk berlebihan saat mengemudi salah satunya mengkonsumsi kopi. Cara satu ini terbilang mudah dan efektif karena cukup efektif untuk mengurangi resiko sleep apnea.

Menghindari kegiatan mengemudi sendiri menjadi satu poin utama. Faktor keselamatan dengan mengurangi rasa kantuk juga memberi poin penting untuk setiap pengemudi agar bisa mengontrol seperti apa langkah untuk mengurangi resiko insomnia dan sleep apnea.

  • Memutar Musik

Terdapat cara sederhana untuk mengurangi rasa kantuk saat mengemudi salah satunya memutar musik. Secara tidak langsung ada kondisi mengantuk yang perlu dikurangi. Sehingga rasa kantuk dapat dihilangkah secara bertahap dengan alunan lagu.

Pemilihan lagu yang sesuai dengan minat ataupun bertema lebih keras membuat konsentrasi kembali maksimal. Sehingga ada poin penting dimana masalah mengemudi dapat diatasi terutama dengan memutar musik.

Lihat Juga : Indonesia – Arab Saudi Gelar Musabaqah Al-Qur’an Dan Hadits

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments