Tuesday, April 30, 2024
spot_img
HomeNewsDianggap Sebagai Pemicu Penularan Covid 19, Pemkot Jogja Tertibkan Parkir Liar

Dianggap Sebagai Pemicu Penularan Covid 19, Pemkot Jogja Tertibkan Parkir Liar

Jumlah kasus aktif dan peningkatan harian Covid 19 di Yogyakarta masih cukup tinggi. Peningkatan terjadi dan cukup konsisten dengan potensi kasus cukup merata di setiap kabupaten di Yogyakarta.

Dari beberapa upaya masih bisa dilakukan dengan melihat bagaimana cara tepat untuk bisa menekan proses penularan dari beberapa titik vital.

Bahkan Pemerintah Kota Yogyakarta masih terus berupaya keras dalam menekan laju penularan Covid 19 salah satunya dengan menertibkan parkir liar yang dapat memicu terjadinya kerumunan sehingga memberi potensi penularan cukup tinggi.

Dilansir dari pernyataan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pada Minggu 13/2/2022 menjelaskan bahwa dari Pemkot Yogyakarta akan terus mentertibkan parkir liar karena memang memberi potensi memunculkan kerumunan. Selain itu tidak ada pengecekan dari aspek kesehatan seperti pengaturan suhu tubuh dan sebagainya.

Baca Juga : PLN Siap Pasok Listrik 75 MW Ke Smelter Feronikel Milik Antam

Heroe sendiri memberi pernyataan bahwa sampai saat ini kendaraan wisata wajib menggunakan satu pintu. Kemudian Pemkot juga masih menerapkan kebijakan dari one gate system yang mewajibkan semua bus pariwisata menggunakan pemeriksaan dokumen vaksinasi wisatawan di terminal Giwangan.

Jika dinyatakan lolos dari pemeriksaan dokumen vaksinasi maka bus pariwisata tersebut masih diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta dan mengakses satu tempat khusus parkir di seputar Malioboro baik itu TKB Abu Bakar Ali, Ngabean, dan Senopati.

Sementara itu dari kondisi bus yang tidak lolos tidak akan diizinkan masuk ke Kota Yogyakarta. Secara otomatis tidak diizinkan untuk bisa mengakses TKP resmi. Sehingga dari keberadaan tempat parkir liar tanpa ada persyaratan mengenai aspek kesehatan harus ditindak dan sebisa mungkin dikurangi jumlahnya karena memberi potensi terjadi penulara Covid 19.

Keberadaan dari parkir liar juga memicu adanya pedagang dadakan yang juga menambah kermunan tanpa ada protokol kesehatan ketat. Pada Minggu 13/2/2022 angka kasus Covid 19 di Kota Yogyakarta tercatat ada tambahan mencapai 312 kasus baru Covid 19 dengan enam pasien dinyatakan sembuh dan tidak ada pasien meninggal dunia sehingga totalnya terdapat 1.411 kasus aktif di Yogyakarta.

Lihat Juga : Sekjen Gerindra Yakin Prabowo Akan Deklarasi Capres Tahun ini

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments