Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi Lantik Tiga Duta Besar RI, Gubernur Lemhannas Agus Widjojo Untuk...

Presiden Jokowi Lantik Tiga Duta Besar RI, Gubernur Lemhannas Agus Widjojo Untuk Philippines

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) pada Rabu (12/01).

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (12/01).

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan. Barulah kemudian Jokowi memimpin pembacaan sumpah yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh. Keppres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti ini ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 11 Januari 2022.

Dalam pelantikan itu juga dilakukan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Salah satu yang dilantik, yaitu mantan Gubernur Lembaga Ketahananan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

“Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi yang diikuti oleh para dubes RI.

Berikut para Duta Besar LBBP yang dilantik Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Rabu (12/01) :

  1. Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum
  2. Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila
  3. Fientje Maritje Suebu sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments