Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeFinanceBPKH Resmi Jadi Pemegang Saham Mayoritas Bank Muamalat Sebesar 78,45 Persen

BPKH Resmi Jadi Pemegang Saham Mayoritas Bank Muamalat Sebesar 78,45 Persen

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) menjadi 78,45% melalui hibah dari para pemegang saham pengendali (PSP).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu menjelaskan, pemegang saham pengendali tersebut, yakni:

  1. Islamic Development Bank (ISDB)
  2. Boubyan Bank
  3. Atwill Holdings Limited
  4. National Bank of Kuwait
  5. IDF Investment Foundation
  6. BMF Holdings Limited

“Sebanyak 7.903.112.181 saham atau setara dengan 77,42 persen. Dengan demikian, total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat naik menjadi 78,45 persen,” ujar Anggito dalam konferensi persnya, Selasa (4/1).

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menjelaskan investasi pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) merupakan salah satu strategi BPKH untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

Melalui kepemilikan pada BMI, yang merupakan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) terbesar kedua, BPKH akan dapat menjangkau dan melayani lebih banyak calon-calon jemaah haji.

“BMI juga memiliki jaringan dan branding yang kuat pada sektor perhajian dan umrah, pembiayaan UMKM, serta pasar konsumen muslim,” sambungnya.

Sebelum injeksi modal kepada BMI, BPKH terlebih dahulu bekerja sama dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk mengelola aset atau pembiayaan berkualitas rendah di BMI.

Pola penyelesaian aset atau pembiayaan berkualitas rendah oleh PPA dilakukan dengan metode pengelolaan aset atau pembiayaan tersebut dari BMI senilai Rp 10 triliun kepada PPA.

Dengan metode ini menurut Anggito dapay dipastikan bahwa BMI telah menjadi bank yang sehat (good bank) dan siap untuk dikembangkan lebih lanjut melalui penyertaan modal BPKH.

“Dengan penjualan pembiayaan atau aset berkualitas rendah dari BMI kepada PPA, maka NPF (Non-Performing Financing) BMI akan turun menjadi sekitar 0,58 persen,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments