Tuesday, April 16, 2024
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi Resmikan Bendungan Pidekso, Waduk Kunci Ketahanan Pangan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pidekso, Waduk Kunci Ketahanan Pangan

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pidekso yang berlokasi di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (28/12) siang.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Bendungan Pidekso dibangun dengan total anggaran sebesar Rp 772 miliar. Proses pembebasan tanah untuk pembangunannya dimulai sejak tahun 2014 sementara pembangunan konstruksinya dilakukan sejak tahun 2017.

“Bendungan ini memiliki kapasitas 25 juta meter kubik dengan luas genangan 232 hektare. Ini bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektare sawah di Kabupaten Wonogiri,” ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo menegaskan, keberadaan sistem pengairan merupakan kunci untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai, waduk adalah menjadi kunci, air merupakan kunci. Oleh sebab itu, kita bangun waduk di seluruh provinsi di tanah air kita,” ujarnya.

Sebelum meresmikan Bendungan Pidekso, Kepala Negara juga telah meresmikan Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments