Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeTechnologyInilah Pemenang Best Of Tweets 2021 Indonesia Kategori Brand Dan Kampanye Terbaik

Inilah Pemenang Best Of Tweets 2021 Indonesia Kategori Brand Dan Kampanye Terbaik

Menjadi trending topic di layanan jejaring sosial dan mikroblog daring, Twitter akan meninggalkan kesan abadi bagi para pemilik brand.

Di tengah kondisi pasang surut tahun 2021, para juara tetap berjuang melawan banyak tantangan dan menge-Tweet sampai ke puncak.

Dari peluncuran terobosan hingga penggunaan Twitter yang paling kreatif, merek-merek pemenang ini membuat tim penilai Twitter tertawa, menangis, membalas, dan me-Retweet.

Best Campaign for Driving Positive Change in Society

Pemenangnya: @GoodLifeBCA dengan Festival #banggalokal (Kebanggaan Lokal)

Orang-orang di Twitter selalu mendukung bisnis kecil, seperti yang terlihat dalam gerakan organik “Twitter, Please Do Your Magic”, yang telah membantu banyak bisnis lokal selama bertahun-tahun. Untuk mendukung komunitas yang sangat terdampak pandemi, Bank BCA memutuskan untuk memanfaatkan kekuatan pengaruh komunitas Twitter.

@GoodLifeBCA meluncurkan BCA Festival #banggalokal (Kebanggaan Lokal), sebuah platform di mana usaha kecil dapat memamerkan produk mereka dan masyarakat Indonesia didorong untuk berbelanja lokal – keras dan bangga. Melalui eksekusi kreatif video tanpa suara, kampanye sepanjang tahun menghasilkan kesadaran, lalu lintas, dan konversi yang stabil ke situs web pedagang di seluruh negeri.

Agensi: ADA Asia dan Flock Creative Network

Best Brand Voice

Pemenangnya: @tokopedia bersama Waktu Indonesia Belanja #TokopediaWIB (Waktu Belanja Indonesia)

Untuk menghidupkan kegembiraan menjelang hari gajian, raksasa e-commerce ini menjalankan Pengambilalihan setiap akhir bulan, saat orang Indonesia cenderung paling banyak berbelanja. Seiring waktu, #TokopediaWIB @tokopedia telah mendapatkan daya tarik yang serius. Bahan untuk sukses: Melibatkan bintang K-pop dan artis lokal, bahasa dan desain visual yang konsisten, dan memastikan setiap aspek tetap sesuai dengan suara merek Tokopedia.

Melalui kampanye yang selalu aktif ini, @tokopedia kini memiliki acara tersebut dan telah memantapkan dirinya sebagai brand keren yang semarak, ramah dan menyenangkan, sementara tagar #TokopediaWIB secara konsisten mendominasi timeline Twitter setiap akhir bulan.

@tokopedia menghasilkan semua nada yang tepat dan membuktikan bahwa suara merek tidak harus selalu keras untuk menonjol.

Best Use of Video

Pemenangnya: @bankmandiri dengan #livinbymandiri New App Launch

Selama lockdown, Bank Mandiri meluncurkan super app baru mereka, Livin’. @bankmandiri ingin memberi tahu masyarakat Indonesia bahwa membuka rekening bank baru secara online itu mudah, dan mereka harus beralih dari aplikasi lama ke yang baru.

Puncak dari kampanye ini adalah penggunaan video oleh Bank Mandiri selama fase menggoda, yang menggabungkan sejumlah praktik terbaik video Twitter, termasuk video pendek dan strategi sound-off. Video tersebut mencapai lebih dari 33 juta penayangan video sementara tingkat penyelesaian video secara signifikan mengungguli industri perbankan.

Best Virtual Event

Pemenangnya: @im3ooredoo dengan CollaboNation #SilaturahmiTanpaHenti (Koneksi Terus Menerus)

Konser virtual IM3 Ooredoo CollaboNation dalam rangka menyambut Ramadhan 2021 menjadi salah satu kenangan yang tak terlupakan.

Selama bertahun-tahun, “CollaboNation” telah menjadi ajang di mana talenta muda Indonesia berkumpul untuk berkolaborasi melalui musik dan seni dan memikat pecinta musik di seluruh negeri. Pada tahun 2020, saat acara fisik tidak memungkinkan, @im3ooredoo bermitra dengan Twitter dan menghadirkan konser kepada penggemar melalui acara streaming langsung yang luar biasa.

Tahun ini, masyarakat Indonesia kembali disuguhi konser virtual, namun jauh lebih meriah. Seniman sekarang dapat bernyanyi dan tampil di studio sambil tetap mematuhi langkah-langkah kesehatan dan keselamatan, dan kebersamaan itu memberikan suasana yang jauh lebih meriah dan penuh harapan – sentimen yang sangat dibutuhkan selama Ramadhan kedua di negara itu dalam pandemi.

@im3ooredoo juga melakukan inovasi, menjadi merek pertama di Asia Tenggara yang memanfaatkan Twitter Spaces, memberikan kesempatan kepada penggemar untuk lebih dekat dan pribadi dengan para artis. Encore!

Agensi: PHD Media Indonesia dan Mata Angin

Best Campaign from a Newcomer

Pemenangnya: @Viu_ID dengan #LoversOfTheRedSky

Platform OTT Viu telah aktif di Twitter selama beberapa waktu secara organik, tetapi ini adalah kampanye promosi pertama mereka di Indonesia. Mengetahui bahwa penonton lokal akan menyukai serial nomor 1 Korea, #LoversOfTheRedSky, jika hanya diberi kesempatan untuk menontonnya, @Viu_ID beralih ke Twitter untuk menghidupkan buzz untuk pertunjukan dan mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka.

Kampanye ini menggabungkan berbagai format, mulai dari Iklan Video hingga produk Takeover dan Amplify Pre-Roll hingga Polling, dengan hasil yang memuaskan dengan 80,8 juta tayangan dan percakapan seputar Viu tumbuh 3x lipat.

Dengan merek dan seri yang sedang tren secara organik di Twitter, Viu memulai dengan awal yang panas!

Best “Launch” on Twitter

Pemenangnya: @NetflixID dengan Army of the Dead

Dengan kiamat zombie di cakrawala, Netflix Indonesia tidak mau mengambil risiko. Layanan streaming ingin meluncurkan blockbuster terbaru mereka, Army of the Dead, dengan ledakan besar.

Pertama, @NetflixID menyusup ke timeline Twitter pengguna dengan petunjuk tentang serangan yang akan datang. Kemudian, mereka menyenggol penggemar di seluruh dunia online-offline dengan papan iklan 3D, menunjukkan pembaruan Twitter langsung dari orang Indonesia yang mencoba membuka brankas yang mirip dengan yang ada di pertunjukan.

Orang Indonesia harus memecahkan kode sehari untuk mengungkapkan petunjuk yang akan membawa mereka lebih dekat untuk mengungkap karakter unik – zombie harimau. Bagaimana itu untuk sensasi!

Agensi: UM Singapura

Best Connection to Culture

Pemenangnya: @LazadaID dengan Obral Ramadhan

Lazada Indonesia sukses besar dengan mega kampanye ini dengan memanfaatkan budaya memberi selama Ramadhan.

Kampanye mega terdiri dari tiga kampanye dengan tiga tujuan yang berbeda.

Kampanye pertama menyoroti penawaran Ramadhan untuk menarik pelanggan mengunjungi situs web dan aplikasi @LazadaID. Selanjutnya, pusat belanja online yang memenuhi semua kebutuhan belanja umat Islam, Lazada Amanah, diluncurkan dengan banyak kemeriahan. Terakhir, Lazada bekerja sama dengan Twitter dalam kemitraan khusus untuk benar-benar menghidupkan gagasan tentang betapa berartinya Ramadhan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan menghubungkan ke pesta terbesar di negara ini, kampanye ini tidak hanya mendorong percakapan positif, mendorong keterlibatan, dan berkinerja tinggi di semua metrik kampanye, tetapi juga membantu @LazadaID menjalin dirinya ke dalam tatanan kehidupan Indonesia.

Most Tweeted about Brand

Pemenangnya: @ShopeeID

Shopee Indonesia adalah ahli utama dalam mendorong percakapan yang menarik. Di Indonesia, @ShopeeID memasuki budaya K karena mengetahui bahwa fandom K-pop dan K-drama adalah salah satu komunitas paling bersemangat di Twitter. Shopee juga secara teratur memanfaatkan momen budaya dan acara belanja besar-besaran, yang keduanya memicu percakapan yang cepat dan gesit serta reaksi yang hidup.

Tidak heran @ShopeeID adalah yang paling banyak di-Tweet tentang merek selama dua tahun berturut-turut!

Best #OnlyOnTwitter

Pemenangnya: @DisneyPlusID dengan #WieldTheShield

Untuk mempromosikan serial baru “The Falcon and the Winter Soldier”, @DisneyPlusID menyembunyikan perisai, simbol yang dekat dengan hati setiap penggemar Marvel, dan meminta penggemar untuk bergabung dalam perburuan di seluruh lanskap digital Indonesia, mulai dari Twitter.

Sebelum pemutaran perdana seri, petunjuk tentang keberadaan perisai tersembunyi terungkap, menggunakan Tombol Percakapan, solusi Twitter yang unik.

Keberhasilan kampanye ini terletak pada kemampuan Disney untuk terhubung secara otentik dengan salah satu komunitas fandom paling bersemangat di Twitter, sambil secara inovatif menggunakan solusi khusus Twitter untuk memperdalam percakapan seputar pertunjukan, perisai, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Marvel.

Kudos to @DisneyPlusID untuk Tweeting ke hati fandom, dan sampai ke mahkota!

Agensi: Publicis Imagine ID dan Ambilhati

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments