Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeFoodKuliner Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Jawa Tengah

Kuliner Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Jawa Tengah

Banyak hal bisa didapatkan dari daerah Jawa Tengah, salah satunya kuliner wajib atau disebut sebagai kuliner khas. Dalam beberapa dekade ada warisan nilai tradisi dari segi kuliner khas yang sampai saat ini dikembangkan ataupun dilestarikan sebagai masakan khas daerah.

Mungkin selama ini Anda belum memiliki waktu untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Sehingga dari dasarnya ada banyak daftar makanan terbaik dan juga menjadi salah satu makanan khas daerah Jawa Tengah.

Langsung saja kita lihat seperti apa daftar kuliner wajib disantap saat Anda berkunjung ke Jawa Tengah.

Sego Kucing

Pada daftar pertama ada sego kucing yang mana diartikan sebagai makanan nasi kucing. Populernya makanan sego kucing ini di daerah Jogja, Solo, dan Semarang. Kemudian dari komposisi nasi kucing ini memang terbilang sedikit dengan dibalut oleh daun pisang.

Rata-rata menu lauk berupa sambal, tempe, dan ikan teri menjadi salah satu komposisi utama dari sego kucing. Sehingga makanan satu ini dikenal murah meriah dan sederhana dijual di angkringan dan beberapa tempat makanan lainnya.

Sate Klathak

Berikutnya ada menu sate klathak yang mana dianggap sebagai hidangan spesial karena memang cita rasanya yang lezat dan populer.

Diolah dari daging kambing muda kemudian cara memasaknya juga berbeda yakni memakai tambahan bumbu berupa garam saja. Penyajiannya tanpa memakai tambahan bumbu kecap layaknya sate biasanya. Kemudian dari satu porsi sate klathak ini masih terbilang murah yakni sekitar Rp 7.000 sampai Rp 15.000 saja.

Nasi Gandul

Masih ada menu nasi gandul yang mana menjadi salah satu nasi uduk yang disajikan bersama dengan daun pisang. Rasa gurih dari nasi gandul ini terlihat gurih dari nasi uduk pada biasanya. Kemudian nasi gandul ini rata-rata disajikan dengan tambahan lauk berupa daging sapi dan kuah segar.

Nasi gandul ini bisa disantap di gerai makanan di daerah Pati, Jawa Tengah. Bahkan makanan satu ini dikenal wangi sedap daun pandan hingga lebih enak disantap pada kondisi hangat. Sedangkan dari harga nasi gandul ini berkisar antara Rp 12.000 sampai Rp 20.000.

Tengkleng Gajah

Cukup banyak instrumen dari pengembangan makanan khas daerah berupa tengkleng gajah yang mana bisa menjadi salah satu hidangan utama Anda. Makanan khas Jawa Tengah ini juga dikenal memiliki proses penyajian yang memiliki porsi besar sehingga disebut sebagai tengkleng gajah.

Cita rasa dari kuah dan juga dagingnya menjadi satu keunggulan makanan khas Jawa Tengah ini. Sehingga dari harganya sendiri masih sedikit mahal yakni mencapai angka Rp 30,000 sampai Rp 40.000.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments