Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeHealthManfaat Cuka Apel Dapat Turunkan Kolesterol? Yuk Simak Faktanya

Manfaat Cuka Apel Dapat Turunkan Kolesterol? Yuk Simak Faktanya

Berbagai macam penyakit bisa muncul karena kadar kolesterol jahat cukup tinggi. Sampai saat ini kolesterol masih perlu dikontrol sehingga dari efek buruknya tidak terlalu dirasakan tubuh.

Hanya saja kolesterol tinggi ini masih sulit dideteksi sehingga menjadi satu momok menakutkan bagi banyak orang karena kerap menimbulkan reaksi kurang baik terhadap kesehatan.

Dikatakan kolesterol tinggi bisa memicu resiko penyakit jantung dan juga stroke. Hal ini juga menjadi salah satu perhatian khusus dunia di bidang kesehatan yang mana harus ada tindakan tepat agar kolesterol tubuh tetap normal dan bisa diturunkan ke kadar aman.

Bahan alami dari cuka apel dengan proses fermentasi dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Tentu saja ada beberapa kajian mengenai resiko dan juga manfaat dari penggunaan cuka apel.

Ditambah lagi proses fermentasi dari cuka apel ini bisa memberi kadar gula dan kalori dalam buah apel jauh lebih sedikit. Bahkan secara teknisnya ada perhitungan tepat dimana proses fermentasi sendiri menjadi salah satu modal tepat untuk bisa membuat kadar gula dan kalori lebih rendah.

Dilansir dari halaman Express UK, ada beberapa penelitiian tepatnya di US National Library of Medicine National Institutes of Health yang mana sari cuka apel ini memiliki kandungan asam asetat lebih baik dan bisa mengurangi kolesterol hingga triasigliserol dalam lemak yang mudah dianalisa.

Proses penelitian telah menunjukkan adanya manfaat dari cuka apel sebagai satu modal pencegahan hyperlipidemia ataupun kolesterol tinggi. Ada percobaan terhadap seekor tikus dengan penentuan kadar efek samping dari asam asetat di cuka apel yang sudah difermentasi selama 19 hari.

Hasilnya terlihat menarik dimana pemberian asam asetat tersebut memiliki nilai lebih rendah untuk bisa menurunkan kadar kolesterol hingga triasligliserol. Beberapa penelitian juga membuat manfaat dari cuka apel terhadap kesehatan mudah diidentifikasi.

Selain mengontrol kadar kolesterol, tentu saja ada manfaat dari penggunaan cuka apel salah satunya bisa memberi kontrol gula darah lebih baik. Ditambah lagi ada manajemen berat badan lebih tepat dan aman bagi orang dengan program diet.

Banyak studi penelitian juga mengungkapkan bahwa cuka apel sendiri bisa mengurangi kolesterol darah total hingga meningkatkan kolesterol baik pada seseorang yang mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments