Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeNews4 Arahan Presiden Joko Widodo Dalam Tangani Erupsi Gunung Semeru

4 Arahan Presiden Joko Widodo Dalam Tangani Erupsi Gunung Semeru

Dampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih menimbulkan korban jiwa dan korban luka. Masyarakat di sekitar Gunung Sinabung mengungsi ke tempat aman dan mengakui sudah banyak bantuan berdatangan.

Beberapa penanganan Pemerintah Daerah Lumajang hingga dari Provinsi Jawa Timur sudah mengerahkan semua fasilitas dan akses untuk bisa evakuasi semua masyarakat yang berada di radius tidak aman.

Bencana erupsi Gunung Semeru ini masih memberi pengalaman buruk bagi masyarakat karena terjadi secara mendadak hingga menimbulkan korban jiwa dan materiil.

Melihat kondisi dari korban sekaligus masyarakat di sekitar Gunung Semeru pihak Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo terus memberi arahan dan bantuan.

Penanganan dari hulu ke hilir harus bisa cepat yang mana dikerjakan dengan proses pencarian dan penemuan korban. Tidak hanya itu pemberian perawatan kepada warga luka-luka sampai ketersediaan logistik kebutuhan dasar para pengungsi juga perlu dipercepat.

Presiden Jokowi sendiri juga mengarahkan proses perbaikan infrastruktur yang harus dilakukan secara cepat dan tepat untuk dapat melihat beberapa perhitungan lebih maksimal di beberapa aspek perlindungan masyarakat.

Presiden sendiri telah memberi instruksi mencari dan menemukan korban, kemudian memberi perawatan kepada masyarakat yang luka akibat dampak bencana menjadi prioritas. Kemudian ada bantuan pelayanan kesehatan hingga penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi sampai perbaikan infrastruktur harus bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Presiden sendiri mengungkapkan setelah mendapat laporan ada erupsi Semeru, dirinya langsung memberi perintah ke Kepala BNPB, Basarnas, Panglima TNI, Kapolri, menteri terkait, hingga Gubernur Jawa Timur sampai Bupati Lumajang untuk bisa cepat menanggapi semua kondisi darurat secepat mungkin di lokasi bencana.

Jokowi juga memberi empati dan turut berbelasungkawa atas musibah erupsi Gunung Sinabung. Diharapkan berbagai logistik akan segera tiba di area terdampak bencana dan pengungsian. Kemudian Presiden sendiri berharap semua korban bisa segera ditemukan dan semua kondisi di pengungsian segera terkontrol.

Pada kesempatan yang sama masyarakat di sekitar Gunung Semeru mulai kembali ke rumah mereka untuk mengambil barang-barang berharga kemudian menyelamatkan hewan ternak mereka.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments