Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeInternationalBarbados Resmi Menjadi Negara Republik Terbaru Di Dunia

Barbados Resmi Menjadi Negara Republik Terbaru Di Dunia

Setelah 396 tahun, matahari terbenam pada pemerintahan monarki Inggris atas pulau Karibia Barbados, dengan upacara serah terima pada tengah malam pada hari Senin (29 November 2021) menandai kelahiran republik terbaru di dunia.

Saat jam menunjukkan pukul 12 dini hari (menuju tanggal 30 November 2021), bendera Royal Standard yang mewakili Ratu diturunkan di atas Lapangan Pahlawan yang ramai di Bridgetown dan Carol Roberts-Reifer, kepala eksekutif Yayasan Kebudayaan Nasional membuat deklarasi transisi Barbados ke status konstitusionalnya yang baru dan diganti dengan bendera negara Barbados.

Barbados telah resmi mencopot Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negara dan menjadi negara republik terbaru di dunia,

Dalam upacara yang diadakan pada Senin dini hari (29 November 2021) di ibu kota Barbados, Bridgetown melantik Dame Sandra Mason sebagai Presiden pertama negara Barbados.

Pangeran Wales, Charles dan penyanyi Barbados, Rihanna menghadiri acara tersebut, yang bertepatan dengan peringatan 55 tahun kemerdekaan negara itu.

Dalam pidatonya, Pangeran Charles mengakui “kekejaman mengerikan perbudakan” yang diderita pulau Karibia itu.

Dokumentasi: REUTERS

Era baru Barbados mengakhiri pengaruh Inggris selama berabad-abad, termasuk lebih dari 200 tahun ketika pulau itu menjadi pusat perdagangan budak trans atlantik.

Berbicara sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut, Pangeran Charles menegaskan kembali hubungan yang berkelanjutan antara kedua negara meskipun ada perubahan status konstitusional.

Dia menggambarkan momen itu sebagai awal baru sebelum dianugerahi Order of Freedom dari Barbados yang bergengsi oleh Presiden baru.

Ratu mengirimi negara itu “harapan baik yang paling hangat” untuk “kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran di masa depan” dan mengatakan negara itu memiliki “tempat khusus” di hatinya.

Dame Sandra Mason yang berusia 72 merupakan Gubernur Jenderal pulau Barbados sejak 2018, diangkat sebagai presiden terpilih negara itu setelah pemungutan suara di parlemen bulan Oktober 2021. Dame Sandra Mason sekarang menggantikan Ratu sebagai kepala negara.

Presiden Dame Sandra Mason juga mengumumkan bahwa bintang pop Rihanna dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Artis dan pengusaha bernama lengkap Robyn Rihanna Fenty ini sebelumnya pernah dinobatkan sebagai Duta Besar oleh negara Barbados pada 2018 lalu.

Dalam panasnya malam Barbados, upacara serah terima telah menggabungkan kemegahan dan upacara dengan satu pesta besar.

Ini telah menjadi pertunjukan kebanggaan nasional dengan taburan nama-nama paling terkenal di pulau ini sebagai tamu VIP termasuk pemain kriket Sir Garfield Sobers dan penyanyi Rihanna.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments