Friday, May 17, 2024
spot_img
HomeUncategorized5 Fitur Keselamatan Wajib Ada di Mobil Reli. Yuk Cek Apa Saja

5 Fitur Keselamatan Wajib Ada di Mobil Reli. Yuk Cek Apa Saja

Baru-baru ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan pebalap nasional Sean Gealel terlibat kecelakaan saat mengikuti Sprint Rally Meikarta 2021 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dari kecelakaan tersebut mobil sempat berguling beberapa kali, dan untungnya Bamsoet dan SEan sendiri selamat dalam kecelakaan tersebut.

Tentu saja keselamatan dalam kecelakaan tersebut menjadi faktor penting fitur keamanan dalam mobil reli. Tidak sedikit mobil reli sudah dilakukan perbaikan dan juga modifikasi sebagai satu mobil dengan tingkat keselamatan tinggi jika terjadi kecelakaan.

Mungkin saat ini Anda merasa penasaran seperti apa fitur terbaik dan fitur keselamatan dalam bil reli yang juga dikatakan sebagai satu fitur penting di satu mobil reli. Untuk lebih jelasnya mari kita cek langsung seperti apa daftarnya.

Sistem Pemadaman Api

Pastinya ada konsep teknologi pemadaman api di dalam mobil reli. Dari kecepatan dan durasi dari kecepatan mobil reli memberi potensi terjadinya kecelakaan. Hal ini bisa memberi percikan api dan memicu kebakaran ringan.

Untuk memadamkan api tersebut sudah tersedia sistem elektrik untuk bisa mengurangi intensitas api. Nantinya ada tabung pemadam api terletak di kursi driver dan pebalap bisa langsung menekan tombolnya secara langsung.

Roll Cage

Berikutnya ada roll cage yang mana sudah dibekali pada satu mobil reli yang wajib diperhitungkan sebagai modal utama untuk melengkapi fitur keselamatan mobil reli. Dalam hal ini roll cage ini sudah ditempatkan dan berfungsi untuk melindungi pengendara ketika terjadi kecelakaan cukup fatal. Roll cage terdiri dari bahan chromoly yang dapat meredam benturan ataupun kecelakaan.

Sabuk Pengaman dan Pemotong

Tidak hanya roll cage, dalam satu mobil reli sudah dibekali sabuk pengaman dan pemotong untuk memberi tingkat keamanan lebih baik. Sehingga dari rekomendasi FIA sendiri sabung pengaman dan pemotong harus tersedia di satu mobil reli.

Karena itu kedua poin utama berupa sabuk pengaman dan pemotong ini banyak ditemukan dalam satu mobil reli untuk melengkapi fitur keamanan.

Pintu Pelindung Lebih Kuat

Pada bagian pintu pelindung sendiri terlihat lebih kuat dan akhirnya bisa memberi fungsi untuk mengantisipasi pebalap yang nantinya mengalami hantaman dari sisi samping. Dari setiap bagian pintu sendiri sudah diberikan busa dengan fungsi menahan hantaman keras dari sisi samping.

Karena itu pebalap diharapkan tidak mengalami cedera parah saat terjadi kecelakaan karena sudah dibekali pintu dengan kualitas pelindung terbaik.

Perangkat Bantal di Jok Mobil

Sampai saat ini setiap jok mobil di sebuah mobil reli sudah dibekali bantal leher untuk mencegah guncangan hebat di bagian leher pengendara. Dari anjuran FIA sendiri ada kriteria dari bantal leher yang harus disesuaikan dengan tinggi pebalap agar lebih nyaman.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments