Thursday, July 18, 2024
spot_img
HomeHealthPeduliLindkungi Mulai Pindah ke Satu Sehat, Bagaimana Nasib Data Pengguna?

PeduliLindkungi Mulai Pindah ke Satu Sehat, Bagaimana Nasib Data Pengguna?

INAKINI.COM –Pengguna aplikasi PeduliLindungi mulai hari ini 27 Februari 2023 harus beralih ke aplikasi Satu Sehat.

Sebelumnya sudah ada pengumuman bahwa aplikasi PeduliLindungi akan berpindah ke Satu Sehat karena kondisi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali dan melandai.

Anton Setiawan, Sandiman Ahli Madya Badan Siber dan Sandi Negara, memberi penjelasan bahwa pihaknya ingin membantu dalam memperkuat keamanan aplikasi Satu Sehat mobile yang akan jadi transformasi aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga : Kurangi dan Cegah Stunting, Menkes: Bapak-Bapak Sebaiknya Beli Telur Ketimbang Rokok

“Kita bisa belajar dari hal baru, tentu saja kita bisa perkuat keamanannya. Setiap kejadian tersebut menjadi pembelajaran buat kita,” kata Anton dilansir dari halaman Antara pada Minggu 26 Februari 2023.

“Kita bisa lihat kurangnya dimana, seperti bagian verifikasi kita perkuat lagi verifikasinya. Jika kurangnya ada di sektor penyimpanan file atau pengalamanan database, kita bisa perkuat di situ. Itu yang kita lakukan sesuai prosedur dan standar yang ada,” kata Anton.

Anton juga memberi data mengenai data pribadi yang ada di Satu Sehat akan dikelola seperti prinsip Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang sudah disahkan tahun lalu.

Baca Juga : Harta 56 Miliar Milik Rafael Alun Dianggap Tak Sesuai Profil, KPK Akan Periksa Hartanya

Anton menambahkan bahwa pihaknya masih selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai operator data dan pengelola aplikasi terkait mengenai penerapan prinsip proteksi data pribadi.

“Teman-teman di Kementerian Kesehatan selalu berkoordinasi bagaimana prinsip itu bisa dijalankan secara teknis pada sistem Satu Sehat,” katanya.

Pada aplikasi Satu Sehat tidak berisi riwayat Covid-19 saja tetapi juga semua data rekam medis pengguna mengenai penyakit lain sampai rekam vaksinasi hingga pemeriksaan laboratorium sampai memakai basis data stunting.

Baca juga : 5 Tahun Pria Ini Jadi Brimob Gadungan, Aksi Dibongkar Istrinya Sendiri

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments