Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeTechnology10 Tren Teknologi Teratas Yang Akan Membentuk Dekade Yang Akan Datang

10 Tren Teknologi Teratas Yang Akan Membentuk Dekade Yang Akan Datang

Laju perubahan di sektor teknologi selalu cepat. Pertumbuhan e-commerce selama 10 tahun mungkin telah dipadatkan menjadi hanya tiga bulan pada akhir 2019, menurut McKinsey & Company, yang memperkirakan bahwa kita akan mengalami lebih banyak kemajuan teknologi dalam dekade mendatang daripada yang kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Menurut McKinsey, ini adalah 10 teknologi teratas yang menarik perhatian dan dana investor dan ahli teknologi.

1) Proses otomatisasi dan virtualisasi

Sekitar setengah dari semua aktivitas kerja yang ada dapat diotomatisasi dalam beberapa dekade mendatang, karena otomatisasi dan virtualisasi proses tingkat berikutnya menjadi lebih umum.

“Pada tahun 2025, lebih dari 50 miliar perangkat akan terhubung ke Industrial Internet of Things (IIoT),” prediksi McKinsey. Robot, otomatisasi, pencetakan 3D, dan lainnya akan menghasilkan sekitar 79,4 zettabytes data per tahun.

2) Masa depan konektivitas

Koneksi digital yang lebih cepat, didukung oleh 5G dan Internet of Things (IoT), berpotensi membuka aktivitas ekonomi. Sedemikian rupa sehingga menerapkan koneksi yang lebih cepat dalam “mobilitas, perawatan kesehatan, manufaktur, dan ritel dapat meningkatkan PDB global sebesar $1,2 triliun menjadi $2 triliun pada tahun 2030.” 5G dan IoT akan menjadi salah satu tren teknologi yang paling banyak ditonton untuk dekade berikutnya.

“Ketersediaan dan kemampuan jaringan yang jauh lebih besar akan mendorong perubahan luas dalam lanskap bisnis, dari digitalisasi manufaktur (melalui kontrol nirkabel alat bergerak, mesin, dan robot) hingga pengiriman energi terdesentralisasi dan pemantauan pasien jarak jauh.”

3) Distributed infrastructure

Pada tahun 2022, 70% perusahaan akan menggunakan platform hybrid-cloud atau multi-cloud sebagai bagian dari infrastruktur TI terdistribusi. Ini berarti data dan pemrosesan dapat ditangani di cloud tetapi dapat diakses lebih cepat ke perangkat.

“Tren teknologi ini akan membantu perusahaan meningkatkan kecepatan dan kelincahan mereka, mengurangi kompleksitas, menghemat biaya, dan memperkuat pertahanan keamanan siber mereka,” kata McKinsey.

4) Next-generation computing

Menurut McKinsey: Komputasi generasi berikutnya akan membantu menemukan jawaban atas masalah yang telah membingungkan sains dan masyarakat selama bertahun-tahun, membuka kemampuan yang belum pernah ada sebelumnya untuk bisnis.

Ini mencakup sejumlah perkembangan luas, dari AI kuantum hingga kendaraan yang sepenuhnya otonom, dan karena itu tidak akan menjadi perhatian langsung bagi semua organisasi.

“Persiapan untuk komputasi generasi berikutnya memerlukan identifikasi apakah Anda berada di industri gelombang pertama (seperti keuangan, perjalanan, logistik, energi dan material global, dan industri maju),” kata McKinsey, atau “Apakah bisnis Anda bergantung pada trade secrets dan data lain yang harus dijaga selama peralihan dari cryptography saat ini ke quantum cryptography.”

5) Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence (AI) Terapan

AI adalah salah satu tren teknologi terbesar. Perusahaan masih baru di hari-hari awal pengembangan AI. Ketika teknologi menjadi lebih canggih, itu akan diterapkan untuk mengembangkan lebih lanjut alat berbasis teknologi, seperti mesin pelatihan untuk mengenali pola, kemudian bertindak berdasarkan apa yang telah terdeteksi.

6) Pemrograman masa depan

Bersiaplah untuk Software 2.0, di mana neural network dan machine learning untuk menulis kode dan membuat perangkat lunak baru.

“Tren teknologi ini memungkinkan penskalaan dan difusi cepat dari aplikasi baru yang kaya data dan berbasis AI,” menurut McKinsey.

7) Trust architecture

Salah satu pendekatan untuk membangun arsitektur kepercayaan adalah penggunaan buku besar terdistribusi, seperti blockchain. “Selain menurunkan risiko pelanggaran, arsitektur kepercayaan mengurangi biaya kepatuhan terhadap peraturan keamanan, menurunkan pengeluaran operasional dan modal yang terkait dengan keamanan siber, dan memungkinkan transaksi yang lebih hemat biaya, misalnya, antara pembeli dan penjual,” catat McKinsey.

8) Bio revolution

Ada “pertemuan kemajuan dalam ilmu biologi” yang “menjanjikan dampak signifikan pada ekonomi dan kehidupan kita dan akan memengaruhi industri mulai dari kesehatan dan pertanian hingga barang konsumsi, energi, dan material.”

Didorong oleh AI, otomatisasi, dan pengurutan DNA, Bio revolution menjanjikan pengembangan terapi gen, obat-obatan yang dipersonalisasi, dan panduan berbasis genetika tentang makanan dan olahraga.

9) Next-generation materials

Perkembangan dalam ilmu material memiliki potensi untuk mengubah beberapa sektor pasar, termasuk farmasi, energi, transportasi, kesehatan, semikonduktor, dan manufaktur. Bahan-bahan tersebut termasuk graphene – satu lapisan atom karbon yang disusun dalam konfigurasi kisi sarang lebah, yang sekitar 200 kali lebih kuat dari baja, meskipun ketipisannya luar biasa. Ini juga merupakan konduktor yang sangat efisien dan menjanjikan untuk merevolusi kinerja semikonduktor. Lain adalah molibdenum disulfida – nanopartikel yang sudah digunakan dalam elektronik fleksibel.

“Dengan mengubah ekonomi berbagai produk dan layanan, material generasi berikutnya dengan efisiensi yang jauh lebih tinggi di banyak area aplikasi yang belum tersentuh dapat mengubah ekonomi industri dan mengonfigurasi ulang perusahaan di dalamnya,” kata McKinsey.

10) Masa depan tren teknologi bersih

Energi terbarukan, transportasi yang lebih bersih/hijau, bangunan hemat energi, dan konsumsi air yang berkelanjutan adalah inti dari tren teknologi bersih. Karena biaya yang terkait dengan penurunan teknologi bersih, penggunaannya menjadi lebih luas dan gangguannya dirasakan pada banyak industri

Hasil analisa yang dilakukan McKinsey: Perusahaan harus mengimbangi peluang pembangunan bisnis yang muncul dengan merancang program peningkatan operasional yang berkaitan dengan pengembangan teknologi, pengadaan, manufaktur, dan pengurangan biaya”. Teknologi bersih yang maju juga menjanjikan pasokan energi hijau yang melimpah untuk mempertahankan pertumbuhan teknologi yang eksponensial, misalnya, dalam komputasi berdaya tinggi.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments