Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeTechnologySering Pakai WiFi Umum? Hati-Hati Terhadap Ancamannya

Sering Pakai WiFi Umum? Hati-Hati Terhadap Ancamannya

Kebutuan akses internet setiap hari semakin bertambah. Tidak hanya dalam saut bidang kerja, akan tetapi semua akses baik itu bisnis dan pendidikan membutuhkan jaringan internet. Saat ini pemakaian Wifi masih diperhitungkan sebagai solusi untuk bisa terhubung ke dunia internet dengan biaya lebih terjangkau.

Dibalik semua informasi manfaat seputar Wifi, ternyata ada beberapa ancaman ketika Anda sering menggunakan versi Wifi publik.

Bentuk Resiko Saat Anda Mengakses WiFi Publik

Dalam beberapa kesempatan ada perhitungan dimana Anda bisa menikmati akses jaringan WiFi dalam kecepatan tertentu. Selain memberi manfaat untuk bisa terkoneksi dengan dunia internet, sebaiknya cermati kembali seperti apa bentuk resiko saat Anda mengakses WiFi publik seperit informasi berikut ini.

Beresiko Terhadap Akun Media Sosial yang Dibajak

Cukup banyak pengguna WiFi publik mengakses akun media sosial secara konsisten. Namun, dari penggunaan jaringan WiFi tersebut ada bentuk resiko karena data penting dalam media sosial seperti password, hingga username dan lainnya masih beresiko dibajak. Beberapa kasus pembajakan akun media sosial sudah sering dialami dan akhirnya proteksi harus diperkuat dengan menghindari penggunaan jaringan WiFi publik.

Potensi Peretasan Data Pribadi dan Perbankan

Secara tidak langsung ada potensi dimana penggunaan WiFi publik justru memberi resiko adanya pembajakan dan peretasan akun perbankan seperti E-banking dan beberapa instrumen lainnya. Resiko inilah yang bisa terjadi pada pemakaian WiFi publik sehingga ada baiknya Anda menghindari pemakaiannya terlalu sering.

Adanya Potensi Serangan Mallware

Serangan malware pada saat Anda mengakses jaringan WiFi masih berpotensi tinggi. Karena itu ada perhitungan dari setiap resiko dimana malware justru bisa merusak kondisi smartphone dari hardware ataupun software yang selama ini belum banyak diketahui penggunanya.

Terdapat Ancaman Pencurian Data Pribadi

Semua data baik itu gambar, video, sampai nomor kontak telepon dalam smartphone Anda masih mendapat ancaman pencurain data jika terlalu sering mengakses jaringan WiFi publik. Perlu diketahui dari pencurian data inilah menjadi faktor penyebab kenapa Anda harus berhati-hati terhadap serangan hacker ataupun aspek lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments