Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeSportPeparnas XVI Papua 2021 Resmi Dibuka Wapres Ma'ruf Amin

Peparnas XVI Papua 2021 Resmi Dibuka Wapres Ma’ruf Amin

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi dibuka Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin.

Opening ceremony Peparnas XVI Papua 2021 yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura pada Jumat malam (5/11) berlangsung meriah.

Tarian kolosal hingga penampilan artis internasional dan atraksi 500 drone membuat langit papua malam hari kian bewarna.

Dalam sambutannya, Ma’ruf mengaku jatuh cinta dengan Papua. “Papua so bikin sa (saya) jatuh hati sekali. Hari ini saya datang kembali, torang baku dapa lagi,” kata dia.

Ma’ruf Amin optimis penyelenggaraan Peparnas XVI Papua 2021 akan sama suksesnya dengan gelaran PON XX Papua 2021. Sebab, seluruh pemangku kepentingan dari mulai pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya telah berkolaborasi dengan intensif.

“PON XX Papua 2021 yang lalu sukses luar biasa. Saya yakin Paralimpik ini akan sukses kembali, karena masyarakat Papua adalah masyarakat pecinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat. Sukses ini, sekali lagi, akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia,” tutur dia.

Ma’ruf menyebut, Peparnas XVI Papua 2021 adalah ajang yang sangat istimewa, sebab event ini untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang. Selain itu, acara ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua.

“Dan ini merupakan pembuktian komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi setiap warga negara. Dalam hal ini Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas XVI Papua 2021 ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya,” kata dia.

Ajang Peparnas XVI Papua 2021

Peparnas XVI Papua 2021 akan melombakan 12 cabang olahraga di antaranya angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Perhelatan Peparnas XVI Papua bertemakan “Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi”. Motto Peparnas XVI Papua sudah digaungkan panitia besar pada setiap kegiatan olahraga hingga memperkenalkan hitung mundur penyelenggaraan Peparnas XVI Papua.

Ada perbedaan pelaksanaan antara PON dan Peparnas, salah satunya terdapat pada pembagian kelas dan teknis di mana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya. Kemudian, untuk seluruh venue pertandingan harus sesuai dengan rekomendasi Komite Nasional Paralimpik (National Paralympic Committee) Indonesia yang mengacu kepada peraturan hukum yang berlaku.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments