Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeTechnologyMengulas Smartphone Android Pertama Yang Dirilis di Dunia

Mengulas Smartphone Android Pertama Yang Dirilis di Dunia

2007 adalah tahun dimana Android pertama kali dirilis ke publik, namun smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android versi 1.0 secara resmi adalah T-Mobile G1 yang dirilis di Amerika Serikat pada 2008 silam.

Dikenal juga dengan nama HTC Dream, T-Mobile G1 adalah smartphone hasil dari kolaborasi antara provider T-Mobile, HTC dan Google.

Sebagai smartphone berbasis Android pertama di dunia, T-Mobile G1 memiliki tampilan yang agak berbeda dibandingkan dengan smartphone Android modern. Layarnya cukup mungil karena 3,2 inci (480 x 320 piksel).

Meskipun mendukung touch input, terdapat sejumlah tombol telepon dan navigasi pada bingkai bagian bawah layar.

Hal itu pun tampak bisa dibenarkan karena sistem operasi Android versi pertama tidak memiliki virtual keyboard dan terdapat papan ketik ‘QWERTY’ secara fisik pada T-Mobile G1 yang terletak di bawah layar yang dapat diakses dengan cara menggeser layar.

Android 1.0 memiliki tampilan dan fungsi yang belum lengkap jika dibandingkan dengan Android modern, dan sebagai informasi, virtual keyboard dan beberapa fitur lain seperti navigasi real-time dan pinch-to-zoom baru hadir di Android 1.5.

Kemudian membahas spesifikasi, T-Mobile G1 memiliki hardware canggih pada masanya, misalnya Qualcomm MSM7201A dengan satu buah inti CPU ARM11 berkecepatan 528 MHz adalah system-on-chip yang digunakan smartphone tersebut.

Lalu CPU single-core itu dikombinasikan dengan RAM sebesar 192 MB dan media internal berkapasitas 256 GB. Untung saja storage pada sistem operasi Android versi pertama dan T-Mobile G1 dapat ditingkatkan melalui kartu memori microSD.

Sementara fitur-fitur unggulan lain yang tersedia adalah koneksi seluler (3G), Bluetooth 2.0 dan Wi-Fi.

Jika dibuat perbandingan dengan iOS yang menjadi sistem operasi andalan iPhone, Android 1.0 memiliki keunggulan seperti tampilan home screen yang bisa diubah, notification drawer, widget dan juga fungsi copy & paste.

Kemudian, semua pabrikan smartphone dapat menggunakan Android karena bersifat open source. Tidak seperti iOS yang hanya bisa digunakan untuk produk-produk Apple.

Melihat sepak terjang Android, tentu saja Steve Jobs yang merupakan pendiri Apple sangat geram dan menganggap sistem operasi besutan Google itu menjiplak iOS.

Bahkan Walter Isaacson yang merupakan penulis buku biografi Steve Jobs mengungkapkan bahwa pendiri Apple itu berniat menghancurkan Android.

Namun sampai saat ini, Android menjadi sistem operasi smartphone paling populer di dunia, sementara iOS berada tepat di bawahnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments