Saturday, April 20, 2024
spot_img
HomeASEANSingapura Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Hingga 25 Oktober 2021

Singapura Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Hingga 25 Oktober 2021

Pemerintah Singapura menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat untuk memperlambat eksponensial dalam kasus Covid-19 yang diberlakukan mulai 27 September hingga 25 Oktober 2021.

Langkah-langkah ini akan berlangsung sebulan dan akan dicabut pada 25 Oktober 2021, dengan aturan ditinjau dalam dua minggu dan disesuaikan, tergantung pada situasi masyarakat.

Makan di tempat (dine-in), ukuran grup sosial dipotong menjadi 2 mulai 27 September 2021.

Keputusan sulit ini diperlukan untuk mencegah lonjakan infeksi membanjiri sistem perawatan kesehatan, dan mengulur waktu untuk meningkatkan pemulihan di rumah dan layanan perawatan di rumah, kata Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong pada Jumat (24/9).

“Saya tahu bahwa banyak orang Singapura dan bisnis akan kecewa dengan pengumuman hari ini. Saya ingin meyakinkan Anda bahwa Singapura tetap berkomitmen untuk membuka kembali,” kata Gan, Co-Chairs Multi-Ministerial Task Force yang menangani Pandemi Covid-19.

Negara Singapura melaporkan 1.504 kasus baru pada Kamis (23/9). Tetapi jumlahnya bisa berlipat ganda menjadi 3.200 minggu depan jika tren saat ini berlanjut.

Singapura mengaktifkan rencananya untuk dapat menangani 5.000 kasus sehari, kata sesama anggota gugus tugas dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

Negara itu terakhir melonggarkan pembatasan enam minggu lalu, ketika individu yang divaksinasi sepenuhnya diizinkan untuk makan di restoran dalam kelompok hingga lima orang.

Pada saat itu, jumlah kasus harian di bawah 100 per hari.

Di bawah aturan baru, sebagian besar restoran hanya dapat menerima hingga dua pengunjung yang divaksinasi penuh per kelompok.

Tidak ada perubahan aturan untuk pusat jajanan dan kedai kopi, di mana dua orang dapat makan terlepas dari status vaksinasi mereka.

Bekerja dari rumah (Work From Home) akan menjadi default pada bulan mendatang, dengan mereka yang tidak dapat melakukannya didorong untuk melakukan test masing-masing setiap minggu.

Angkatan Bersenjata Singapura telah turun tangan untuk meningkatkan dukungan bagi program pemulihan rumah.

Sekitar 1.200 tempat tidur akan ditambahkan di fasilitas perawatan komunitas baru bagi mereka yang tidak sakit parah tetapi memiliki kondisi yang mendasarinya. Tujuan akhirnya adalah agar kasus mencapai puncaknya dan kemudian perlahan-lahan menurun saat mencapai keseimbangan baru.

Menteri Keuangan Lawrence Wong juga mengumumkan bahwa paket dukungan $650 juta – yang terdiri dari subsidi Skema Dukungan Pekerjaan, keringanan sewa dan bantuan untuk pengemudi taksi dan mobil sewaan pribadi – akan diluncurkan untuk membantu bisnis yang terkena dampak pembatasan terbaru. Tidak akan ada penarikan pada cadangan masa lalu.

Misalnya, batas kapasitas untuk acara besar yang hanya melibatkan orang yang divaksinasi lengkap tetap tidak berubah pada 1.000 peserta.

“Itu tidak akan mungkin karena kami bergerak maju, untuk belajar hidup dengan virus, dan kami melanjutkan rencana pembukaan kembali kami”, tambah Wong.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments