Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi Terbitkan Peraturan Presiden Tentang Bonus Wakil Menteri

Presiden Jokowi Terbitkan Peraturan Presiden Tentang Bonus Wakil Menteri

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 77 Tahun 2021 Tentang Wakil Menteri yang diteken pada 19 Agustus 2021.

Melalui Perpres Nomor 77 Tahun 2021 tersebut, presiden Jokowi telah menetapkan uang penghargaan bagi para wakil menteri yang telah berakhir masa jabatannya. Besaran uang yang diberikan senilai Rp 580 juta untuk satu periode masa jabatan.

“Wakil Menteri apabila berhenti atau telah berakhir masa jabatannya diberikan uang penghargaan sebagai Wakil Menteri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 8 Ayat (1) Perpes).

“Uang penghargaan bagi Wakil Menteri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak sebesar Rp 580.454.000,00 untuk 1 periode masa jabatan Wakil Menteri,” bunyi Ayat (2) pasal yang sama.

Ketentuan tersebut adalah perubahan Pasal 8 dari aturan yang lama atau Perpres Nomor 60 Tahun 2012. Pada perpres terdahulu disebutkan, bahwa wakil menteri yang telah berakhir masa jabatannya tidak diberikan hak pensiun atau pesangon.

“Wakil Menteri apabila berhenti atau telah berakhir masa jabatannya tidak diberikan hak pensiun dan/atau pesangon sebagai Wakil Menteri,” demikian bunyi Pasal 8 Perpres Nomor 60 Tahun 2012.

Selain perubahan pada Pasal 8, pada perpres hasil revisi atau Perpres Nomor 77 Tahun 2021 disisipkan 4 pasal tambahan. Pertama, pada Pasal 8A Ayat (1) dikatakan bahwa besaran uang penghargaan yang diterima wakil menteri memperhitungkan masa jabatannya.

Selain itu, pada Ayat (2) pasal yang sama diatur formula besaran uang penghargaan yang diterima wakil menteri dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. masa jabatan sampai dengan 1 tahun sebesar 0,2 kali uang penghargaan
  2. masa jabatan lebih dari 1-2 tahun sebesar 0,4 kali uang penghargaan
  3. masa jabatan lebih dari 2-3 tahun sebesar 0,6 kali uang penghargaan
  4. masa jabatan lebih dari 3-4 tahun sebesar 0,8 kali uang penghargaan
  5. masa jabatan lebih dari 4- 5 tahun sebesar 1 kali uang penghargaan

Selanjutnya, pada Pasal 8B Ayat (1) disebutkan bahwa wakil menteri yang telah berhenti atau berakhir masa jabatannya sebelum Perpres Nomor 77 Tahun 2021 diundangkan diberikan uang penghargaan.

“Uang penghargaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku secara mutatis mutandis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 dan Pasal 8A,” demikian Pasal 8B Ayat (2) Perpres.

Sebagaimana bunyi Pasal 8C, apabila wakil menteri meninggal dunia dan belum mendapatkan uang penghargaan, maka uang penghargaan diberikan kepada janda/duda atau ahli warisnya.

Adapun tata cara pembayaran dan pendanaan uang penghargaan wakil menteri akan diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan. Untuk diketahui, wakil menteri yang berada di Kabinet Indonesia Maju jumlahnya mencapai belasan orang. Angka ini meningkat drastis dari jumlah wakil menteri di pemerintahan Jokowi yang pertama atau Kabinet Indonesia Kerja.

Dalam pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin, terdapat tujuh belas wakil menteri yang tersebar di beberapa instansi kementerian, antara lain:

  1. Wakil Menteri Pertahanan
  2. Wakil Menteri Hukum dan HAM
  3. Wakil Menteri Kesehatan
  4. Wakil Menteri Pertanian
  5. Wakil Menteri BUMN.
  6. Wakil Menteri Luar Negeri
  7. Wakil Menteri Keuangan
  8. Wakil Menteri ESDM
  9. Wakil Menteri Agama
  10. Wakil Menteri Perdagangan
  11. Wakil Menteri PUPR
  12. Wakil Menteri LHK
  13. Wakil Menteri Desa
  14. Wakil Menteri ATR
  15. Wakil Menteri Parekraf
  16. Wakil Menteri PAN-RB
  17. Wakil Menteri Kemendikbud-Ristek
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments