Thursday, April 18, 2024
spot_img
HomeASEANWakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris Tiba Di Hanoi, Memulai Kunjungan Ke...

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris Tiba Di Hanoi, Memulai Kunjungan Ke Vietnam

Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) telah memulai kunjungan kenegaraan di negara-negara kawasan Asia Tenggara, selepas berkunjung ke Singapura, kini Harris telah tiba di Ha Noi pada Selasa malam (24/8). Rencananya Wapres AS akan berkunjung ke Vietnam dari 24 – 26 Agustus 2021 atas undangan pemerintah Vietnam.

Wapres Vietnam, Võ Thị Ánh Xuân pada rabu pagi (25/8) menyambut kunjungan Wapres AS, Kamala Harris ke Hà Nội di Istana Kepresidenan.

Kunjungan Harris ke Vietnam merupakan pertama kalinya. Setelah bertemu dengan Võ Thị Ánh Xuân, Wapres AS akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Vietnam Nguyễn Xuân Phúc dan dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Phạm Minh Chính nanti.

Pada sore hari, dia diharapkan untuk menghadiri upacara peluncuran virtual untuk kantor CDC AS untuk wilayah Asia Tenggara, dan menyaksikan penandatanganan sewa tanah untuk pembangunan kedutaan AS yang baru di Hà Nội.

Agenda perjalanan Wapres AS tersebut antara lain membahas dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Vietnam, kerja sama ekonomi, hingga tantangan keamanan regional.

Menurut Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam, perdagangan antara Vietnam dan AS mencapai rekor US$90,8 miliar tahun 2020, dan diharapkan transaksi perdangan kedua negara dapat meningkatkan angka menjadi $100 miliar tahun ini.

Selama lima tahun terakhir, pendapatan ekspor Vietnam ke AS melonjak 230 persen, sementara nilai impornya naik lebih dari 175 persen.

AS telah menjadi pembeli terbesar Vietnam dan negara Asia Tenggara itu telah muncul sebagai mitra dagang terbesar ke-10 AS.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments