Friday, October 18, 2024
spot_img
HomeNewsJokowi Resmikan Stadion Utama Sumatera Utara Berstandar Internasional

Jokowi Resmikan Stadion Utama Sumatera Utara Berstandar Internasional

INAKINI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stadion Utama Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa (15/10/2024) sore.

Stadion megah ini sebelumnya telah digunakan untuk acara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

“Sumatera Utara sekarang memiliki stadion yang sangat besar dan sangat mewah, seperti yang kita lihat pada sore hari ini. Ini kemarin sudah dipakai untuk penutupan PON Sumut dan Aceh. Karena stadionnya baru, kita lihat semuanya baru dan sangat bagus,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa stadion ini mampu menampung hingga 25 ribu penonton dan dibangun dengan anggaran sebesar Rp587 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia berharap stadion ini dapat segera diserahkan kepada pengelola yang tepat agar dapat dirawat dengan baik.

“Kalau stadion ini bisa diserahkan kepada klub-klub sepak bola yang ada di Sumatra Utara, entah itu PSMS, entah itu PSDS atau yang lainnya agar terawat,” ungkapnya.

Presiden juga menyinggung pengalamannya melihat beberapa fasilitas olahraga di daerah lain yang menjadi tidak terawat setelah digunakan untuk penyelenggaraan PON. Ia menekankan agar hal tersebut tidak terjadi pada Stadion Utama Sumatera Utara.

“Karena dari pengalaman kita di provinsi-provinsi yang lain, fasilitas olahraga dibangun, setelah PON semuanya tidak terawat. Saya sudah lihat, lihat, lihat tidak hanya satu, tidak hanya dua, tidak hanya tiga, tidak hanya empat, semuanya, karena tidak ada yang memakai, tidak ada yang merawat. Jangan sampai kejadian itu terjadi di Sumatera Utara,” tegas Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berharap stadion ini terus terawat dan dimanfaatkan untuk pengembangan talenta olahraga di Sumatera Utara, serta menjadi pusat pembinaan atlet-atlet muda berbakat.

“Kita harapkan stadion yang megah dan mewah ini terus terawat, terus dipakai, dan berguna bagi pembinaan olahraga di Sumatera Utara,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments