Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeNewsJokowi Tunjuk Menko PMK jadi Plt Menteri Sosial

Jokowi Tunjuk Menko PMK jadi Plt Menteri Sosial

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy sebagai Plt Menteri Sosial Indonesia (Mensos).

Penunjukan ini berdasarkan pengunduran Mensos Tri Rismaharini dari jabatannya karena akan maju dalam Pilkada 2024.

Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

“Presiden juga menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitive,” kata Ari pada Jumat (6/9/2024).

Ari Dwipayana menyebut, Kepala telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian Tri Rismaharini. Keppres tersebut bernomor 100/P Tahun 2024 yang ditandatangani pada hari Jumat (6/9/2024).

Dalam keppres itu, Jokowi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Risma atas pengabdiannya di kabinet 2019-2024.

“Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran diri Ibu Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Bapak Presiden,” ujarnya.

Jokowi mengkonfirmasi jika dua menterinya mundur dari jabatan karena ikut kontestasi dalam Pilkada 2024. Dua Menteri tersebut adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kepala Negara menyebut, dirinya sudah menerima dan menandatangi surat pengunduran diri Risma. Saya sudah saya tandatangani keputusan untuk pemberhentiannya (Risma), tetapi penggantinya nanti sebentar lagi,” kata Presiden usai meresmikan Flyover Djuanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Sementara untuk Pramono, ia menyebut juga sudah menerima surat pengunduraan dirinya. Meski demikian, ia belum menandatangani surat tersebut.

“Sudah juga (pengunduran diri Pramono). Tapi belum saya tandatangani,” ujarnya.

Risma sendiri berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta untuk pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur. Sementara Pramono berpasangan dengan Rano Karno untuk pilgub DKI Jakarta.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments