Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeHealthBandara Soetta Bakal Terapkan e-HAC Covid-19 Cegah Mpox

Bandara Soetta Bakal Terapkan e-HAC Covid-19 Cegah Mpox

INAKINI.COM – Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (Soetta) bakal kembali menerapkan aplikasi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) seperti diberlakukan pada masa pandemi Covid-19.

Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus monkeypox (Mpox) dari para penumpang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan aplikasi e-HAC yang diberlakukan pada masa pandemi Covid-19 akan kembali diterapkan. Apalagi, Indonesia akan menggelar Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Bali pada 1-3 September 2024.

Sandiaga Uno mengaku, peningkatan pengawasan pada rute perjalanan internasional itu dilakukan mulai dari pemeriksaan suhu badan dan fisik. Kemudian pengisian e-HAC.

“Pengecekan suhu dan fisik di bandara itu dilakukan karena penyakit Mpox dapat terdeteksi melalui suhu yang tinggi dan deteksi secara fisik. Nah, makanya kita lakukan,” ujar Sandiaga Uno pada Jumat (30/8/2024).

Sandiaga Uno mengatakan ini adalah langkah kewaspadaan pemerintah di pintu masuk kedatangan dan keberangkatan internasional di bandara. Menyusul virus Mpox atau cacar monyet saat ini sedang mewabah.

Kendati demikian, pemerintah belum melarang atau melakukan pembatasan terhadap perjalanan internasional.

“Tidak ada bentuk larangan atau pembatasan, yang ada adalah meningkatkan kewaspadaan penyakit Mpox,” ujarnya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments