Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeInternationalPM Inggris Rishi Sunak Kalah Pemilu, Resmi Menyatakan Mundur

PM Inggris Rishi Sunak Kalah Pemilu, Resmi Menyatakan Mundur

INAKINI.COM – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memastikan pada Jumat (5/7/2024) bahwa dirinya akan mundur sebagai perdana menteri setelah kalah dari Partai Buruh pada pemilihan parlemen.

Rishi Sunak mengatakan bahwa dia telah menelepon pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer, untuk mengucapkan selamat atas kemenangan partai itu dalam pemilihan parlemen tersebut.

“Saya akan segera menuju London, di situ saya akan berbicara lebih banyak tentang hasil malam ini, sebelum saya melepaskan jabatan sebagai perdana menteri, yang sudah saya laksanakan sepenuh hati,” kata sang perdana menteri.

Pemilihan parlemen Inggris berlangsung pada Kamis (4/7) dan Partai Buruh memperoleh kemenangan telak.

Sejauh ini, partai tersebut memenangkan 331 dari total 650 kursi di House of Commons (dewan perwakilan rakyat) setelah proses penghitungan suara dilakukan pada 474 daerah pemilihan parlemen.

Pemimpin partai yang memenangkan pemilihan parlemen akan menjadi perdana menteri negara dan membentuk pemerintahan baru.

PM Inggris terpilih Keir Starmer pada Jumat (5/7/2024) berjanji untuk memulai periode “pembaruan nasional” di Inggris setelah Partai Buruh mengalahkan Partai Konservatif yang berkuasa.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments