Tuesday, May 21, 2024
spot_img
HomeTechnologyMicrosoft investasi Rp27,6 triliun untuk Data Center dan AI di Indonesia

Microsoft investasi Rp27,6 triliun untuk Data Center dan AI di Indonesia

INAKINI.COM – Microsoft mengumumkan investasi di Indonesia, di antaranya dengan membangun pusat data (data center) dan pelatihan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Hal itu diungkapkan CEO Microsoft, Satya Nadella dalam acara ‘Microsoft Build: AI Day’ yang digelar di JCC pada Selasa (30/4/2024).

Satya Nadella mengungkapkan nilai investasi Microsoft di Indonesia mencapai 1,7 miliar dollar AS atau setara Rp 27,65 triliun (kurs Rp 16.265). Jumlah tersebut menjadi nilai investasi terbesar Microsoft sepanjang 29 tahun berada di Indonesia.

“Kami mengumumkan bahwa pusat data kami (Microsoft Azure) akan segera hadir di Indonesia. Dengan nilai investasi 1,7 miliar dollar AS, data center ini akan membawa infrastruktur AI terbaru dan terbesar,” kata Satya Nadella.

Satya Nadella mendeskripsikan, data center di Indonesia sebagai world-class (kelas dunia) dengan pilihan model AI terbaik. Dengan begitu, Nadella meyakini bahwa para pengembang (developer) bisa melatih model AI mereka, termasuk membangun aplikasinya sendiri dengan dukungan AI.

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Microsoft Berdayakan Indonesia (Empower Indonesia) yang diumumkan pada Februari 2021, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif.

Hal ini termasuk rencana untuk mendirikan wilayah pusat data pertama perusahaan di Indonesia.

Belum ada informasi kapan dan di mana pembangunan data center Microsoft Azure di wilayah Indonesia ini. Yang jelas, Microsoft akan berinvestasi signifikan di Indonesia selama empat tahun ke depan dalam infrastruktur artificial intelligence (AI) dan komputasi awan (cloud).

Di samping itu, Microsoft juga berkomitmen mengadakan pelatihan AI bagi 2,5 juta talenta di ASEAN, termasuk Indonesia.

Komitmen dukungan dan pelatihan AI Microsoft ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 840.000 masyarakat di Indonesia dengan memberikan:

  • Siswa dengan pendidikan teknis dan kejuruan serta pelatihan keterampilan AI melalui program AI TEACH for Indonesia.
  • Perempuan dengan peluang dan dukungan untuk membangun karier di bidang keamanan siber melalui program Ready4AI & Security yang baru.
  • Generasi muda yang mendapatkan pelatihan kefasihan AI untuk meningkatkan kemampuan kerja dan kesiapan kerja bagi mereka yang berasal dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili.
  • Karyawan organisasi nirlaba yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang AI dan teknologi digital.

Perusahaan teknologi yang melahirkan sistem operasi Windows dan chatbot AI Copilot ini juga memberikan dukungan untuk komunitas developer yang sedang berkembang di Indonesia. Misalnya lewat program “AI Oddyssey”, yang diharapkan dapat menjangkau 10.000 developer lokal dengan kredensial Microsoft.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments