Tuesday, May 21, 2024
spot_img
HomeBUMNPertamina Jajaki Potensi Kelola Blok Internasional dengan ENI

Pertamina Jajaki Potensi Kelola Blok Internasional dengan ENI

INAKINI.COM – Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo menggelar kunjungan kerja ke Belanda pada Jumat, 19 April 2024 bersama dengan Direksi PT Pertamina (Persero).

Perusahaan PT Pertamina (Persero) itu melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) dengan ENI S.p.A untuk menjajaki potensi proyek eksplorasi dan produksi migas di beberapa blok internasional guna mendukung ketahanan energi nasional.

Penandatanganan MOU tersebut dilakukan Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Salyadi Dariah Saputra dan Direktur Upstream ENI S.p.A Luca Vignati di Amsterdam.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo mengatakan, Kementerian BUMN mendukung langkah Pertamina untuk bekerja sama dengan mitra global.

“Kementerian BUMN mendukung kerja sama Pertamina – ENI salah satu nya dalam hal pengembangan eksplorasi deep sea field,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Nicke Widyawati menyambut baik kerja sama Pertamina dan ENI.

“MOU ini akan memperkuat sinergi yang telah terjalin sebelumnya antara Pertamina dan ENI, baik di operasional wilayah Indonesia maupun potensi kerjasama ke blok mancanegara seperti Afrika dan Timur Tengah,” ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Menurut Nicke, ENI merupakan salah satu perusahaan migas yang sukses melakukan eksplorasi.

ENI juga melihat Indonesia sebagai salah satu fokus bisnis mancanegaranya.

“Pertemuan bisnis ini akan memperkuat kemitraan Pertamina dan ENI terutama di negara-negara dimana baik Pertamina maupun ENI telah menjejakkan kakinya dalam pengelolaan blok migas,” imbuhnya.

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero), Salyadi Dariah Saputra menambahkan, penguatan kerja sama ini juga akan memberikan peluang bagi Pertamina untuk berperan dalam pengelolaan migas di level internasional.

“Kemitraan dengan ENI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Pertamina dalam meningkatkan reserve dan produksi migas baik di dalam maupun luar negeri sehingga dapat memperkuat ketahanan energi nasional” tandas Salyadi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments