Tuesday, May 21, 2024
spot_img
HomeTravelLRT Bali Mulai Groundbreaking September 2024, Rute Bandara Ngurah Rai-Kuta

LRT Bali Mulai Groundbreaking September 2024, Rute Bandara Ngurah Rai-Kuta

INAKINI.COM – Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) menargetkan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek LRT Bali akan dimulai September 2024.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, proyek LRT Bali yang akan di-groundbreaking pada September 2024 merupakan tahap 1 yakni dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai ke Central Park di Kuta.

Groundbreaking direncanakan bulan September 2024 untuk tahap 1. Itu rencana groundbreaking phase 1A Airport-Depo sekitar 6,3 kilometer (km),” ujar Adita Irawati pada Sabtu (17/2/2024).

Adita Irawati mengungkapkan, saat ini proses rencana pembangunan LRT Bali sedang dalam tahap penyelesaian studi kelayakan (feasibility study/FS) oleh Korea National Railway (KNR) dengan pembiayaan grant dari Korea Exim Bank.

“Saat ini tahap penyelesaian study FS oleh Korea National Railway (KNR). Target selesai April 2024,” kata Adita.

Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, dalam rencana besarnya, LRT Bali akan terbentang dari Bandara Ngurah Rai sampai ke Mengwi. Namun untuk tahapan awalnya, kereta ini baru akan tersambung dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai ke Kuta.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Budi Karya Sumadi pernah menjelaskan porsi tanggung jawab proyek ini. Pemerintah daerah Bali akan menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 51%. Sementara untuk pemerintah pusat akan memegang sebanyak saham 49%.

“Jadi baik capital expenditure (capex) maupun operasional expenditure (opex), Pak Gubernur Bali dan Pak Bupati Badung sudah bersedia menjadi penyangga mendanai capex,” kata Budi Karya Sumadi.

Sementara untuk skema pendanaannya dapat dilakukan dengan berbagai opsi, termasuk di antaranya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Korea Selatan telah menyatakan kesiapannya untuk membangun proyek LRT di Bali.

Budi Karya juga sempat mengatakan kehadiran transportasi massal seperti LRT Bali menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Bali.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments