Tuesday, May 21, 2024
spot_img
HomeASEANJalan-Jalan ke Singapura, Cukup Pakai QRIS Aja!

Jalan-Jalan ke Singapura, Cukup Pakai QRIS Aja!

INAKINI.COM – Pasca dilakukan uji coba pada 17 Agustus 2023 lalu, Indonesia resmi memperluas QRIS antar negara dengan Singapura. Tepat di tanggal 17 November 2023 pada acara Singapore Fintech Festival 2023, Indonesia melalui Bank Indonesia meresmikan metode pembayaran QRIS yang sudah bisa dilakukan di Singapura.

QRIS Antarnegara (QRIS Cross-border) ini merupakan bentuk implementasi dalam mendukung perluasan ekonomi dan akselerasi dalam sistem pembayaran digital.

Dengan adanya perluasan QRIS ini, wisatawan asal Singapura di Indonesia maupun sebaliknya cukup memindai QRIS merchant untuk melakukan transaksi pembayaran.

Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Santoso Liem mengungkapkan bahwa QRIS antar negara dengan Singapura ini berpotensi melebihi transaksi QRIS antar negara yang sudah berlaku sebelumnya di Thailand maupun Malaysia.

Bukan tanpa alasan, ia menyebutkan selama ini wisatawan Indonesia yang pergi ke Singapura lebih tinggi dari dua negara tersebut. Mengingat, transaksi kartu kredit maupun kartu debit di Singapura juga besar.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bilang, uji coba merupakan tindak lanjut dari kerja sama pembayaran berbasis kode QR antarnegara antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun lalu.

Adapun, konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih efisien, khususnya bagi UMKM, serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Untuk bisa menikmati layanan ini berikut adalah tips untuk menggunakan QRIS di Singapura:

  1. Pilih aplikasi pembayaran yang terhubung dengan QRIS
  2. Scan barcode yang disediakan
  3. Masukkan nominal pembayaran dalam Dollar Singapura
  4. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN hingga transaksi berhasil

Fitur ini tidak hanya berlaku bagi warga Indonesia saja, melainkan warga Singapura yang berada di Indonesia juga bisa memanfaatkan fitur ini sehingga kerja sama ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Selain Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah disebutkan di atas, Filipina akan menjadi negara selanjutnya dalam perluasan QRIS ke negara-negara di ASEAN.

Tidak sampai disitu saja, Bank Indonesia juga sudah melakukan penandatanganan MoU untuk penggunaan QRIS dengan India, Korea Selatan, dan Jepang. Implementasi perluasan QRIS ini sudah menjadi visi pemerintah sejak 2021 lalu. Ke depannya, fitur ini bisa memudahkan transaksi antarnegara dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments