Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeBUMNDorong Kompetensi SDM, Kementerian BUMN Resmikan BUMN School of Excellence

Dorong Kompetensi SDM, Kementerian BUMN Resmikan BUMN School of Excellence

INAKINI.COM – Kementerian BUMN resmikan BUMN School of Excellence (BSE) sebagai upaya transformasi melalui akselerasi peningkatan kompetensi dan profesionalisme di lingkup BUMN Group dalam menjadikan BUMN sebagai tempat belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia.

Upaya ini bertujuan untuk membawa BUMN terus bersaing di level global dimana peran pemimpin di BUMN perlu diperkuat dengan program pengembangan leadership skill, business skill dan people skill yang konsisten dan berkelanjutan melalui program program berkelas global dengan konteks lokal.

“Kami turut bangga dan optimis dengan diresmikannya BUMN School Of Excellence ini bukan sekedar sebuah program pengembangan dan lembaga pendidikan. Melainkan sebuah amanah untuk kita mengantarkan generasi Indonesia menuju level global. Ini sebuah keterpanggilan untuk kita Lead Indonesia, Transform the Nation,” ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan resminya.

BUMN School of Excellence (BSE) diresmikan dan telah menjadi entitas legal yang permanen dalam bentuk Perkumpulan sesuai persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 30 Agustus 2023.

Peresmian ini turut dihadiri oleh Jajaran Pejabat Eselon I dan II Kementerian BUMN, Direktur Utama BUMN, serta Komisaris Utama BUMN di Mandiri Wijayakusuma Campus.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah membentuk BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) melalui penunjukan Bank Mandiri sebagai koordinator yang didukung oleh Telkom Indonesia, Pertamina, Wijaya Karya, dan FHCI pada tahun 2021.

BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) pada saat itu masih berbentuk satuan kerja yang merancang dan menjalankan program pengembangan SDM khususnya terkait Leadership Program bagi pimpinan BUMN dengan dengan visi menjadi sebagai Leaders Factory for Indonesia.

Dalam 2 tahun pertama, BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) berhasil menyelenggarakan berbagai Program Leadership BUMN yaitu:

  1. Onboarding Direktur & Komisaris
  2. CFO School
  3. GRC Master Class
  4. CBDO School
  5. CHRO School

Dengan total peserta mencapai 2.800 orang yang melibatkan 54 fasilitator, Subject Matter Expert dan Praktisi.

Untuk memastikan program tersebut terpapar dengan konteks global dan konteks lokal dalam menjalankan program tersebut BUMN School of Excellence (BSE) juga menjalin kerjasama dengan berbagai strategic partner baik di dalam maupun luar negeri.

Setelah fase awal tersebut sukses serta dengan menyadari perkembangan kondisi saat ini dan masa depan yang semakin menantang untuk meningkatkan kapabilitas organisasi, BUMN Leadership & Management Institute (BLMI) bertransformasi menjadi BUMN School of Excellence (BSE) dalam memastikan pengembangan kepemimpinan di lingkup BUMN Group yang terstruktur berkelanjutan dan lebih masif.

Chairman BUMN School of Excellence Agus Dwi Handaya menyampaikan sebagai gambaran informasi, BSE telah menjalankan berbagai program yang mendukung tujuan Kementerian BUMN, dengan fokus pada pengembangan bisnis dan kompetensi khusus.

Saat ini, ada dua program sedang berlangsung, yaitu CHRO School yang diikuti oleh 98 CHRO BUMN, dan BSE Business Essentials yang akan berlangsung dalam 5 batch, dengan batch pertamanya saat ini sedang berlangsung di Mandiri Wijayakusuma Campus.

Selain itu, juga terdapat program-program berikutnya yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 yang diantaranya termasuk Top Talent BOD-1 dan CEO Excellence Forum.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments