Monday, April 29, 2024
spot_img
HomePoliticsResmi! Mahfud MD Jadi Cawapres Dampingi Ganjar Pranowo

Resmi! Mahfud MD Jadi Cawapres Dampingi Ganjar Pranowo

INAKINI.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo. Menko Polhukam Mahfud MD resmi terpilih untuk mendampingi Ganjar di 2024.

Pengumuman itu disampaikan Megawati secara langsung di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Megawati didampingi para ketua umum partai koalisi pro Ganjar, yakni Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). Baik Ganjar dan Mahfud juga hadir dalam pengumuman ini.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pada Rabu (18/10).

Selain itu, jajaran TPN juga hadir: Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, Gatot Eddy Promono, hingga Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang.

Sejumlah petinggi ketiga partai juga terlihat hadir. Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, beserta jajaran lainnya.

Direktur Eksekutif Algoritma sekaligus dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia Aditya Perdana mengatakan dipilihnya Mahfud menunjukkan PDIP ingin mengambil ceruk suara dari para pemilih muslim. Sebab, selama ini baik PDIP maupun Ganjar terkenal sebagai representasi dari kelompok nasionalis.

Apalagi, menurut Aditya bergabungnya PPP dalam koalisi pendukung Ganjar dirasa belum mampu mengambil hati para pemilih muslim.

“Jadi membutuhkan figur yang bisa menarik kelompok pemilih muslim yang tentu banyak, terutama dari kalangan NU, nah ini yang menurut saya pertimbangan itu kelihatannya lebih dominan,” kata Aditya.

Meskipun, kata Aditya, rekam jejak Mahfud juga menjadi salah satu pertimbangan lain PDIP dalam menentukan pilihannya.

Terlebih, Mahfud MD memiliki pengalaman di bidang eksekutif, legislatif, hingga yudikatif. Bahkan, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

“Disebutkan juga tiga ranah, trias politika Pak Mahfud MD ada di sana, dari sisi pengalaman kita bisa mengetahui dengan baik, enggak ada masalah,” ucap Aditya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments