Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeInternationalIndonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

Indonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

INAKINI.COM – Indonesia terpilih menjadi Anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2024-2026. Ini setelah Indonesia mendapatkan dukungan tertinggi pada pemilihan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (10/10).

Indonesia mengantongi 186 suara dari 192 negara anggota PBB yang hadir dalam sidang.

“Indonesia kembali terpilih jadi anggota Dewan HAM PBB 2024-2026 (10/10),” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) dalam unggahan X pada Rabu (11/10).

Kemlu menyatakan Indonesia bakal mengusung tema “Inclusive Partnership for Humanity” sebagai anggota Dewan HAM PBB pada periode kali ini.

Dalam cuitannya di X, Kemlu menyebut Indonesia berkomitmen untuk menjunjung tinggi HAM dan menjadi bagian dari solusi masalah HAM dunia.

“Suara tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia sepanjang sejarah pencalonan Indonesia di Dewan HAM,” kata Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi (@retno_marsudi) dalam akun Instagramnya.

Retno berterima kasih atas dukungan yang diberikan dunia internasional kepada Indonesia. Ia berharap terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan HAM bisa memberikan sumbangan bagi dunia.

Ini merupakan kali keenam Indonesia bergabung sebagai anggota Dewan HAM PBB. Periode pertama yakni pada 2006-2007 dan periode terakhir pada 2020-2022.

Dalam keanggotaan kali ini, ada 14 negara lain yang ikut menjadi anggota Dewan HAM PBB selain Indonesia.

Di antaranya Albania, Brasil, Bulgaria, Burundi, Cina, Pantai Gading, Kuba, Republik Dominika, Prancis, Ghana, Jepang, Kuwait, Malawi, dan Belanda.

Sementara itu, mengutip laman resmi PBB, sejumlah negara ada yang tak bisa mendapat kursi yakni Peru dan Rusia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments