Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeASEANKenaikan Tarif Angkutan Umum di Singapura Mulai 23 Desember

Kenaikan Tarif Angkutan Umum di Singapura Mulai 23 Desember

INAKINI.COM – Kenaikan tarif bus dan kereta api terbaru ini akan meningkat dua kali lipat dibandingkan kenaikan tahun lalu, yang berarti penumpang dewasa akan membayar 10 hingga 11 sen lebih banyak per perjalanan, kata Dewan Transportasi Umum/ Public Transport Council (PTC) pada Senin (18 September).

PTC, regulator Singapura untuk tarif angkutan umum, mengumumkan kenaikan tarif secara keseluruhan sebesar 7 persen setelah dilakukannya tinjauan tarif tahunan. Kenaikan tarif akan mulai berlaku pada 23 Desember 2023.

Tren kenaikan yang lebih tajam berpotensi berlanjut karena PTC kembali menunda sebagian besar penyesuaian tarif untuk pelaksanaan peninjauan tarif di masa depan.

Penilaian tarif tahun ini adalah yang pertama berdasarkan formula baru yang diumumkan pada bulan April, yang menurut PTC bertujuan untuk menjaga tarif tetap terjangkau dan tidak mudah berubah. Sebagai bagian dari peninjauan – yang dilakukan setiap lima tahun – formula tarif disesuaikan dengan memasukkan dua komponen tetap untuk mengurangi perubahan dalam perubahan tarif.

Tarif kartu dewasa akan naik sebesar 10 sen untuk jarak hingga 4,2 km dan 11 sen untuk jarak di atas itu, sementara tarif tunai dewasa – yang digunakan untuk naik bus – akan meningkat sebesar 20 sen. Tiket masuk bulanan untuk orang dewasa akan tetap seharga S$128.

Kenaikan sebesar 11 sen adalah yang tertinggi, menurut PTC, yang menunjukkan bahwa pada tahun 2019 juga terjadi kenaikan tarif sebesar 7 persen, namun dengan basis yang lebih rendah.

Kenaikan yang lebih rendah akan diterapkan pada tarif kartu konsesi bagi pelajar, warga lanjut usia, pekerja berupah rendah, dan penyandang disabilitas.

Tarif dalam kategori ini akan naik 4 hingga 5 sen per perjalanan, tergantung jarak yang ditempuh. Tarif tunai konsesi untuk naik bus akan meningkat sebesar 10 sen.

Harga tiket konsesi bulanan untuk penyandang disabilitas akan diturunkan dari S$64 menjadi S$58, serupa dengan harga bagi warga lanjut usia.

Penyesuaian tarif keseluruhan sebesar 7 persen akan menghasilkan peningkatan pendapatan tarif sekitar S$137,4 juta per tahun. Operator angkutan umum SBS Transit dan SMRT Trains akan mengalami peningkatan pendapatan tahunan masing-masing sebesar S$20,9 juta dan S$42,4 juta, dengan pemerintah terus memberikan lebih dari S$2 miliar subsidi operasional setiap tahunnya untuk bus dan kereta api.

Seiring dengan kenaikan tarif yang lebih tinggi, PTC akan mewajibkan SBS Transit dan Kereta SMRT untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap Dana Angkutan Umum. Untuk tahun ini, SBS Transit dan SMRT Trains harus menyumbang masing-masing 15 persen dan 30 persen dari perkiraan peningkatan pendapatan mereka ke dana tersebut. Totalnya akan mencapai S$15,85 juta.

PTC telah merekomendasikan agar pemerintah menggunakan dana tersebut untuk memberikan bantuan lebih lanjut kepada rumah tangga berpenghasilan rendah dalam bentuk voucher angkutan umum.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments