Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeAutomotiveJokowi Ajak Raffi Ahmad Cs Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jokowi Ajak Raffi Ahmad Cs Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (13/03).

Tak sendiri, Presiden mengajak sejumlah figur publik, di antaranya Raffi Ahmad, Gading Marten, Cak Lontong, Yuni Shara, dan para Putri Indonesia. Dalam rombongan itu, Jokowi juga mengajak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Thahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin.

Pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi menggunakan moda transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sekaligus melakukan uji coba sebelum diresmikan pengoperasiannya.

Tiba sekitar pukul 08.30 WIB di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Presiden Jokowi langsung menuju lantai 2 untuk menempelkan kartu di portal masuk lalu dilanjutkan naik ke peron di lantai 3. Presiden tampak duduk di gerbong pertama kereta dengan nomor perjalanan G5901 tujuan Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar.

KCJB yang ditumpangi Presiden dan rombongan pun berangkat pada pukul 08.57 WIB. Kereta cepat pertama di Indonesia tersebut melaju secara perlahan mulai dari kecepatan 50 km/jam hingga kecepatan maksimal 350 km/jam.

Usai menempuh perjalanan selama 30 menit, Presiden dan rombongan tiba di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, pukul 09.27 WIB. Presiden kemudian turun dari KCJB dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Setibanya di Stasiun Bandung, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan mobil untuk melakukan kegiatan kunjungan kerja lainnya.

Pemerintah berencana mengoperasikan secara resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai 1 Oktober 2023. Sesuai rencana, pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta pada bulan Oktober 2023. Selanjutnya, pada bulan November 2023 akan bertambah menjadi 28 perjalanan kereta, pada Desember terdapat 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

Berdasarkan uji coba, perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang menempuh waktu sekitar 30 menit dengan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi sudah menegaskan tidak ada subsidi tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Tarif akan ditetapkan sekitar Rp 250.000-350.000 tergantung kelas yang dipilih calon penumpang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments