Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeASEANPara Pemimpin Sepakat Ubah Nama ASEAN Secretariat Jadi Headquarters

Para Pemimpin Sepakat Ubah Nama ASEAN Secretariat Jadi Headquarters

INAKINI.COM – Para pemimpin negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) memutuskan untuk mengubah nama ASEAN Secretariat atau Sekretariat ASEAN menjadi ASEAN Headquarters atau Markas Besar ASEAN.

Kesepakatan itu dibuat secara konsensus dalam 43rd ASEAN Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada Selasa (5/9).

“Semua leaders menyepakati untuk mengganti nomenklatur tersebut karena para leaders sepakat untuk memperkokoh Sekretariat ASEAN,” ungkap Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu), Retno Marsudi.

Selain penggantian nama markas besar, perubahan nomenklatur juga akan diikuti beragam penguatan. Di antaranya peran komite perwakilan tetap ASEAN serta duta besar ASEAN dan duta besar East Asia Summit.

Indonesia juga sudah membentuk kelompok kerja negara tuan rumah untuk memperkuat peran Sekretariat Jenderal ASEAN.

Sekretariat ASEAN didirikan Februari 1976 oleh para menteri luar negeri anggota ASEAN dan kantornya diresmikan Presiden Indonesia Soeharto pada 1981. Sedangkan pada pemerintahan Joko Widodo dilakukan peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN pada tanggal 8 Agustus 2019.

Organ yang dipimpin Sekretaris Jenderal ASEAN ini berfungsi sebagai penghubung antarbadan dan komite di ASEAN dan dengan pihak eksternal termasuk organisasi internasional.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments