Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeTechnologyFitur Baru Whatsapp Bisa Screen Sharing Pas Video Call, Ini Caranya

Fitur Baru Whatsapp Bisa Screen Sharing Pas Video Call, Ini Caranya

INAKINI.COM – WhatsApp meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna membagikan konten pada layar (screen sharing) ke lawan bicara saat melakukan panggilan video (video call) secara real-time.

Fitur ini serupa dengan yang terpatri pada Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meets. Biasanya screen sharing digunakan saat meeting virtual, sehingga semua peserta rapat bisa melihat dokumen pada waktu bersamaan.

Fitur baru screen sharing ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg lewat postingannya di Facebook dan channel Instagram pribadinya pada Selasa (8/8). Dalam keterangan resminya, WhatsApp mengatakan fitur ini cocok untuk berbagi dokumen, foto, bahkan belanjaan online.

Fitur screen sharing dapat diakses dengan klik ikon ‘Share‘ yang berada di bilah kontrol bagian bawah. Setelah diklik, WhatsApp akan menampilkan pesan pop-up yang memperingatkan pengguna bahwa aplikasi milik Meta itu bisa mengakses semua informasi yang ditampilkan di layar.

Setelah mulai screen sharing, pengguna bisa memilih antara membagikan layar di aplikasi tertentu atau seluruh layar. Praktek ini mirip seperti cara kerja screen sharing di platform video conference seperti Google Meet atau Zoom.

Fitur screen sharing sebelumnya sudah digulirkan untuk beta tester sejak bulan Mei 2023. Kini setelah diumumkan secara resmi, fitur screen sharing akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp.

WhatsApp mengatakan fitur ini mulai digulirkan untuk aplikasi Android, iOS, dan Windows Desktop. Fitur ini akan dirilis secara bertahap, artinya beberapa pengguna mungkin belum akan langsung kebagian fitur ini, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (8/8).

Selain screen sharing, WhatsApp juga akan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan video call dalam mode landscape di aplikasi mobile. Mode baru ini akan memberikan pengalaman video call yang lebih luas dan imersif ketimbang mode portrait yang tersedia saat ini.

Video call telah menjadi bagian penting dari WhatsApp sejak pertama kali dirilis pada tahun 2016. WhatsApp pun terus menambahkan fitur baru untuk memperkaya pengalaman pengguna seperti dukungan picture-in-picture di iOS, serta fitur pesan video pendek yang baru diluncurkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments