Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeASEANPerdana Menteri Kamboja Hun Sen Mundur, Serahkan Kekuasaan Kepada Anaknya

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen Mundur, Serahkan Kekuasaan Kepada Anaknya

INAKINI.COM – Perdana Menteri Kamboja Hun Sen hari Rabu (26/7) mengumumkan bahwa dia akan mundur, bagian dari proses yang akan membuat putra sulungnya Hun Manet mengambil alih sebagai pemimpin negara pada bulan Agustus 2023.

Hun Sen, 70, bertemu dengan Raja Norodom Sihamoni di pagi hari (26/7) sebelum menyampaikan pidato yang merinci timeline aksesi Hun Manet pasca pemilihan. Langkah selanjutnya datang pada bulan Agustus, ketika Komite Pemilihan Nasional meresmikan hasil pemilihan nasional hari Minggu.

Kemudian majelis rendah parlemen yang baru terpilih, yang dikenal sebagai Majelis Nasional, akan bersidang dan memberikan suara untuk pencalonan Hun Manet.

Parlemen dikendalikan oleh Partai Rakyat Kamboja (Cambodian People’s Party/ CPP) yang berkuasa, yang mengklaim 96% kursi parlemen setelah saingan utamanya, Partai Cahaya Lilin (Candlelight Party), didiskualifikasi pada Mei.

Hun Manet, 45, adalah komandan tentara Kamboja sebelum terpilih sebagai anggota parlemen pada hari Minggu.

“Saya ingin mengklarifikasi kepada Anda bahwa Hun Manet akan memulai jabatannya sebagai perdana menteri Kamboja pada sore hari tanggal 22 Agustus 2023,” kata Hun Sen.

Hun Sen telah memerintah selama 38 tahun sebagai Perdana Menteri, tepatnya pada 14 Januari 1985 sampai dengan 22 Agustus 2023, saya telah menjabat selama 14.099 hari atau 2.014 minggu atau 463 bulan atau 38 tahun 7 bulan 8 hari

Seorang mantan komandan tingkat menengah di Khmer Merah, dia membelot ke Vietnam untuk menghindari pembersihan dalam rezim genosida. Ketika Vietnam menginvasi dan menggulingkan Khmer Merah pada tahun 1979, dia diangkat sebagai menteri luar negeri rezim yang didukung Hanoi. Ia menjadi perdana menteri pada tahun 1985.

Berbicara pada hari Rabu (26/7), dia mengatakan akan mencalonkan diri untuk kursi di Senat Kamboja pada bulan Februari 2024 dan kemudian menjadi presiden Senat, peran yang membuatnya menjadi kepala negara jika raja berada di luar negeri. Hun Sen mengatakan dia juga akan menjadi kepala Dewan Kerajaan dan tetap menjadi Presiden Partai Rakyat Kamboja atau Cambodian People’s Party (CPP).

Hun Sen juga mengatakan bahwa tokoh senior CPP, termasuk Presiden Majelis Nasional Heng Samrin, Menteri Pertahanan Tea Banh, Menteri Dalam Negeri Sar Kheng dan Wakil Perdana Menteri Men Sam An akan menjadi penasihat Raja.

Menurut bocoran daftar penunjukan kabinet mendatang, yang belum diverifikasi, putra Sar Kheng dan Tea Banh ditetapkan untuk mewarisi peran mereka, di tengah transisi generasi yang lebih luas dalam CPP. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa 23 dari 30 peran kabinet akan mencakup menteri baru, banyak di antaranya adalah anak-anak pendukung CPP.

Hun Manet lulus dari Akademi Militer AS di West Point. Dia menerima gelar di bidang ekonomi dari New York University dan gelar Ph.D. dalam mata pelajaran yang sama dari University of Bristol di Inggris.

Karier militernya membuatnya terus dipromosikan melalui pangkat, menjadi jenderal bintang empat tahun ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments