Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeNewsSinergi Setkab dan Perpusnas Tingkatkan Layanan Perpustakaan

Sinergi Setkab dan Perpusnas Tingkatkan Layanan Perpustakaan

INAKINI.COM – Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersinergi untuk meningkatkan penyelenggaraan dan pelayanan perpustakaan. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Administrasi (Demin), Setkab, Farid Utomo dan Sekretaris Utama (Sestama), Perpusnas, Ofi Sofiana pada Jumat (07/07) siang, di Auditorium Lantai 2 Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

“Nota kesepahaman ini nantinya menjadi landasan dan pedoman bagi kami untuk mendukung peningkatan penyelenggaraan dan pelayanan perpustakaan, dengan tetap mempertimbangkan pelaksanaan tugas dan fungsi baik Sekretariat Kabinet maupun Perpustakaan Nasional,” ungkap Farid Utomo usai penandatangan.

Nota kesepahaman ini, antara lain, meliputi pengembangan di bidang bahan pustaka, sumber daya manusia (SDM), serta teknologi informasi di bidang perpustakaan.

“Kerja sama peningkatan SDM, terus peningkatan untuk bagaimana menerapkan sistem perpustakaan berbasis elektronik. Itu sangat banyak sekali nanti tindak lanjut dari kerja sama ini,” ujar Farid.

Dalam kesempatan itu, Demin juga menegaskan komitmen Setkab untuk meningkatkan inklusivitas akses buku bagi masyarakat melalui perpustakaan yang dikelola.

“Kerja sama ini, sekali lagi, sangat membantu,” tegasnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini bertepatan dengan acara Peluncuran Buku Mastini Hardjoprakoso yang berjudul “Memorial Peletak Fondasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia”.

Selain dengan Setkab, Perpusnas juga melakukan penandatanganan MoU serupa dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemendikbudristek) serta sejumlah perguruan tinggi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments