Wednesday, February 28, 2024
spot_img
HomeSportPSSI Undang Pierluigi Collina Benahi Perwasitan Bola di Indonesia

PSSI Undang Pierluigi Collina Benahi Perwasitan Bola di Indonesia

INAKINI.COM – Guna membenahi perwasitan bola di Indonesia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melibatkan Japan Football Association (JFA) untuk seleksi wasit liga 1 dan 2. Selain itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengirim surat ke FIFA meminta Pierluigi Collina datang ke Indonesia guna membenahi wasit di Tanah Air.

Pierluigi Collina saat ini merupakan ketua komisi wasit FIFA. Dulu Collina adalah wasit sangar yang disegani. Hal itu dilakukan agar wasit-wasit Indonesia dapat masukan dari mantan wasit asal Italia tersebut.

Berikut profil Pierluigi Collina:

Pierluigi Collina lahir pada 13 Februari 1960 di Bologna, Italia. Collina memiliki kecintaan pada sepak bola sejak masih remaja.

Dia bermain sebagai bek tengah di tim amatir di Italia. Tetapi pada 1977 dia tertarik untuk mengambil kursus wasit hingga dia merasa menemukan bakatnya di dunia tersebut.

Sembari kuliah hingga lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi 1984, Collina terus berkarier sebagai wasit. Dimulai dari tinggal regiolan hingga naik kelas ke Divisi Tiga, Serie C1, Serie C2 dan pada 1988 dia promosi ke Serie B dan Serie A Italia.

Pada masa ini Collina mengalami kerontokan rambut yang mengakibatkan rambutnya botak permanen hingga dia mendapat julukan Kojak. Kojak diambil dari tokoh utama dalam film drama di Amerika Serikat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments