Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeBusinessJokowi Apresiasi Pembangunan Pabrik Foil Tembaga di Gresik

Jokowi Apresiasi Pembangunan Pabrik Foil Tembaga di Gresik

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Proyek Pembangunan Foil Tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia, Selasa (20/06), di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap pembangunan pabrik foil tembaga ini yang dinilainya akan menyerap material yang dihasilkan smelter di lokasi sekitar untuk diolah menjadi barang jadi maupun setengah jadi.

“Hasil dari PT Freeport Indonesia yang berada di lingkungan ini juga akan bisa diserap, sehingga akan menjadi barang jadi atau setengah jadi yang nantinya akan kita gunakan untuk baterai litium atau baterai mobil listrik, maupun mobil listriknya itu sendiri,” ujar Jokowi.

Integrasi antara hasil industri sumber daya mineral yang ada di Indonesia dengan pengolahan yang dilakukan di tanah air, lanjut Presiden, juga akan memberikan nilai tambah dan membuka lapangan kerja.

“Kalau kita bisa mengintegrasikan tembaga yang kita miliki, nikel yang kita miliki, timah yang kita miliki, bauksit yang kita miliki, tidak diekspor mentah, tetapi semuanya diolah di dalam negeri, nilai tambah besar ada di dalam negeri, kesempatan kerja ada di dalam negeri. Inilah yang akan menghantarkan negara kita Indonesia dari negara berkembang bisa menuju ke negara maju dalam 10-15 tahun yang akan datang,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan kebutuhan material untuk industri kendaraan listrik nantinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga akan dibutuhkan dan menjadi daya tarik investasi dari perusahaan-perusahaan kendaraan listrik di berbagai negara.

“Tidak hanya di Indonesia, tetapi untuk kebutuhan dunia. Karena semua materialnya itu ada di Indonesia, sekarang ini merek-merek mobil terkenal, pabrik-pabrik mobil terkenal, perusahaan-perusahaan mobil listrik semuanya berbondong-bondong melirik Indonesia dan berinvestasi di Indonesia,” ujarnya.

Jokowi pun berharap agar pembangunan pabrik tersebut dapat segera selesai dan bisa berproduksi.

“Kita harapkan ini juga bisa memberikan dorongan agar negara kita bisa menjadi negara maju,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments