Thursday, February 22, 2024
spot_img
HomeASEANPresiden Halimah Umumkan Tidak Mencalonkan Diri Pada Pemilu Singapura 2023

Presiden Halimah Umumkan Tidak Mencalonkan Diri Pada Pemilu Singapura 2023

INAKINI.COM – Presiden Singapura Halimah Yacob mengumumkan pada Senin (29/5) bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri untuk periode kedua pada pemilu Presiden yang digelar pada 13 September 2023.

“Beberapa bulan lagi akan diadakan Pemilihan Presiden. Setelah melalui pertimbangan yang sangat matang, saya memutuskan untuk tidak mencalonkan diri kembali.

“Merupakan kehormatan dan keistimewaan yang luar biasa untuk melayani sebagai Presiden kedelapan Singapura selama enam tahun terakhir. Pengalaman itu sangat menginspirasi dan, pada saat yang sama, merendahkan hati,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Halimah Yacob yang berusia 68 tahun itu menambahkan bahwa dia menyadari “tanggung jawab yang luar biasa” dari kepresidenan ketika dia menjabat pada tahun 2017. Masa jabatannya berakhir pada 13 September 2023.

“Saya telah mencoba yang terbaik untuk memenuhinya. Tujuan saya adalah untuk membantu menciptakan masyarakat yang lebih peduli dan berbelas kasih. Saya senang bahwa saya tidak pernah sendirian dalam perjalanan ini. Saya didukung oleh banyak warga Singapura yang memiliki keyakinan yang sama.

“Bekerja sama, kami memperkuat suara komunitas kami dan mengangkat mereka yang paling membutuhkan, terutama yang kurang beruntung dan rentan di antara kita.”

Halimah Yacob mengatakan bahwa kepresidenan adalah jabatan tertinggi di Singapura dan lembaga kunci dalam demokrasinya.

“Ini menyatukan bangsa kita dengan mewujudkan nilai dan aspirasi kita bersama sebagai rakyat. Presiden memiliki tugas konstitusional, seremonial, dan terkait masyarakat yang signifikan, dan memegang kunci kedua untuk cadangan kita, dan penunjukan penting dalam Layanan Publik.

“Peran pemersatu Kepresidenan, bekerja sama erat dengan pemerintah untuk menjaga masa depan Singapura, selalu penting bagi kesuksesan bangsa kita, dan akan menjadi lebih penting lagi ke depan, saat kita menemukan jalan kita di dunia yang bermasalah dan tidak pasti,” dia menambahkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments