Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeSportHasil Akhir SEA Games 2023: Indonesia Peringkat 3, Raih 87 Emas

Hasil Akhir SEA Games 2023: Indonesia Peringkat 3, Raih 87 Emas

INAKINI.COM – Indonesia menempati peringkat 3 klasemen medali SEA Games 2023. Kontingen Indonesia membawa pulang 87 medali emas usai tim nasional sepak bola menyumbang medali emas terakhir saat bertemu Thailand pada Selasa (16/5) malam.

Pada pertandingan cabang olahraga sepak bola, anak asuhan Indra Sjafri akhirnya berhasil merebut emas pada babak final melawan Thailand setelah melalui perpanjangan waktu dengan skor akhir 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Cabang olahraga bulu tangkis juga memborong emas pada hari terakhir penyelenggaraan SEA Games 2023. Medali emas diboyong ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana, dan tunggal putra Christian Adinata.

Pundi-pundi medali emas Indonesia juga bertambah dari Randa Riandesta menjadi yang terbaik di kelas 79 kg putra gaya bebas cabang olahraga gulat. Juga ada Aero Sutan Aswar menyumbang emas satu-satunya dari cabang olahraga jet ski.

Tambahan emas bagi Indonesia juga didapat dari regu voli pantai usai menundukkan Thailand di laga final. Juga ada dua atlet kick boxing Diandra Ariesta Pieter di nomor Kick Light 54kg Putri dan Toni Hutapea di nomor Full Contact 54kg putri.

Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan berada di peringkat ketiga, meraih total perolehan 276 medali. Berdasarkan data Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC), kontingen Indonesia mengumpulkan 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Sementara itu, untuk peringkat pertama dalam klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023 diisi oleh Vietnam. Total, Vietnam meraih 355 medali dengan rincian 136 emas, 105 perak dan 114 perunggu. Diikuti Thailand yang bertengger di peringkat kedua dengan total mengoleksi 312 medali dengan rincian 108 emas, 96 perak dan 108 perunggu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments